Gejala, Ciri- Ciri dan Tanda Jantung Tidak Sehat

Gejala, Ciri- Ciri dan Tanda Jantung Tidak Sehat

Gejala, Ciri- Ciri dan Tanda Jantung Tidak SehatGejala, Ciri- Ciri dan Tanda Jantung Tidak Sehat – Tahukah anda bahwa Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian? Jantung merupakan organ vital dimana darah dipompa disana untuk disalurkan ke seluruh tubuh kita.  Berhentinya atau kerusakan pada fungsi jantung akan mengakibatkan peredaran darah tidak dapat berfungsi dengan baik, dan dapat menimbulkan kematian.

Jantung bersama-sama dengan arteri berfungsi memberikan makan untuk berbagai organ tubuh, ketika organ ini mulai mengalami gangguan maka gejala yang muncul bisa timbul di berbagai bagian tubuh,” ujar Jonathan Goldstein, ahli jantung dari St. Michael’s Medical Center di Newark, New Jersey, seperti dikutip dari MSNHealth, Jumat (24/6/2011).

Berikut ini adalah Gejala, Ciri- Ciri dan Tanda Jantung Tidak Sehat, jika memiliki lebih dari 2 tanda tersebut sebaiknya hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan, yaitu:

1. Sakit leher

Jika sering merasa leher yang sakit seperti tertarik, terutama jika terus menerus maka sebaiknya mulai dipikirkan. Pasien yang telah mengalami serangan jantung kebanyakan baru menyadari bahwa ia sering merasa pegal, sakit dan rasa seperti tertarik di leher akibat ketegangan otot. Tanda ini sering terabaikan karena pasien lebih fokus pada rasa sesak atau sakit di bagian kiri dada. Kondisi ini terjadi karena saraf dari jaringan jantung mengirimkan sinyal rasa sakit yang naik turun ke sumsum tulang belakang yang membentang ke leher dan bahu. Nyeri ini tidak terletak pada satu tempat spesifik dan biasanya tidak hilang dengan kompres dingin, hangat atau pijat otot.

 

2. Gejala, Ciri- Ciri dan Tanda Jantung Tidak Sehat : Gangguan seksual

Memiliki kesulitan dalam mencapai atau menjaga ereksi bisa menjadi salah satu tanda dari penyakit jantung koroner. Dokter saat ini akan melakukan pemeriksaan kardiovaskular ketika ada pria yang mengeluhkan disfungsi ereksi.

Kondisi ini terjadi karena arteri di sekitar jantung yang menyempit atau mengeras akan mempengaruhi pasokan darah ke penis, sehingga akan membuatnya sulit mencapai atau menjaga ereksi.

 

3. Gejala, Ciri- Ciri dan Tanda Jantung Tidak Sehat :  Sering merasa pusing

Sesak napas atau pingsan, Journal of the American Heart Association melaporkan lebih dari 40 persen perempuan melaporkan sering mengalami sesak napas dihari-hari sebelum serangan jantung. Seseorang mungkin akan mengalami tidak bisa bernapas, pusing atau pingsan bahkan saat tengah melakukan hal yang biasa seperti berjalan atau membersihkan rumah yang sebelumnya tidak pernah bermasalah.

Kondisi ini terjadi karena darah yang melalui arteri untuk membawa oksigen ke jantung tidak mencukupi. Plak yang menumpuk akan membuat jantung sulit mendapatkan oksigen yang cukup, sehingga kadang seseorang merasa sakit saat harus menarik napas dalam-dalam. Biasanya terjadi lebih mendadak dan akan hilang saat beristirahat.

 

4. Gejala, Ciri- Ciri dan Tanda Jantung Tidak Sehat :   Sakit pada rahang dan telinga

Page 1 of 3 | Next page

Comments

Powered by Facebook Comments