Titik Pijat Refleksi

Apa itu Monorel | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Apa itu Monorel



Apa itu Monorel

Apa itu MonorelApa itu Monorel – Kebutuhan akan penggunaan Transportasi massal di Kota-Kota Besar sangat mendesak, mengingat saat ini hampir di setiap Kota Besar sudah dilanda kemacetan yang luar biasa, apalagi ditambah semakin banyaknya kendaraan-kendaraan pribadi yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan jalan.  Banyk sekali alternatif penggunaan alat transportasi massal salah satunya penggunan Monorel.

Tetapi sebetulnya Apa itu Monorel ? dan apa perbedaannya dengan kereta biasa?Monorel sendiri adalah sebuah jalur kereta tunggal, sedangkan kereta biasa (tradisional) memiliki dua rel paralel.  Rel kereta monorel sendiri terbuat dari beton dan roda keretanya terbuat dari karet.  Dan biasanya ada jalur khusus relnya sendiri yang ditempatkan di atas tiang-tiang, jadi jalur monorel ini berada di atas sehingga tidak memakan jalur jalan lainnya.  Berikut ini informasi mengenai apa itu monorel :

Kereta Monorel di Kuala Lumpur Malaysia

Kereta Monorel di Kuala Lumpur Malaysia

Ada dua Tipe  dan Jenis monorel yaitu :

  • Tipe suspended dimana kereta bergantung dan melaju di bawah rel.

Tipe ini jenis keretanya menggantung karena jalur rel nya berada diatas.  Bisa dibilang mirip kereta gantung Foto Monorel Tipe suspended

 

Foto Monorel Tipe suspended

Foto Monorel Tipe suspended

Foto Monorel Tipe suspended

Foto Monorel Tipe suspended

  • Tipe straddle-beam dimana kereta berjalan di atas rel.

Tipe kereta ini konsepnya sama dengan kereta biasa, dimana kereta berjalan diatas jalur rel Foto Monorel Tipe straddle-beam http://faculty.washington.edu/jbs/itrans/osaka.gif Foto Monorel Tipe straddle-beam

Foto Monorel Tipe straddle-beam

 

Monorel pertama kali dibuat di Russia pada tahun 1820 oleh Ivan Elmanov.  Dan mengalami perkembangan dari tahun ke tahun sampai dengan saat ini. Monorel ini dijalakan oleh mesin elektronik. Tetapi menggunakan Monorel ini sendiri memiliki keuntungan dan kelebihannya, diantaranya :

Kelebihan Monorel

  • Membutuhkan ruang yang kecil baik ruang vertikal maupun horizontal. Lebar yang diperlukan adalah selebar kereta dan karena dibuat di atas jalan, hanya membutuhkan ruang untuk tiang penyangga.
  • Terlihat lebih “ringan” daripada kereta konvensional dengan rel terelevasi dan hanya menutupi sebagian kecil langit.
  • Tidak bising karena menggunakan roda karet yang berjalan di beton.
  • Bisa menanjak, menurun, dan berbelok lebih cepat dibanding kereta biasa.
  • Lebih aman karena dengan kereta yang memegang rel, risiko terguling jauh lebih kecil. Resiko menabrak pejalan kaki pun sangat minim.
  • Resiko kereta tergelincirpun sangat minim karena kereta membungkus jalur
  • Lebih murah untuk dibangun dan dirawat dibanding kereta bawah tanah.

 

Kekurangan Monorel

  • Dibanding dengan kereta bawah tanah, monorel terasa lebih memakan tempat.
  • Dalam keadaan darurat, penumpang tidak bisa langsung dievakuasi karena tidak ada jalan keluar kecuali di stasiun.
  • Kapasitasnya masih dipertanyakan.
  • Sulit untuk membuat jalur persimpangan
  • Infrastruktur Monorel sering dibuat oleh produsen yang berbeda-beda sehingga terkadang ada komponen yang tidak kompatible

Sudah banyak negara yang menggunakan Apa itu monorel seperti Jepang, Malaysia, Singapura, Cina, Korea Selatan, Belgia, Jerman, Italia, Russia, Irlandia, Inggris, Amerika Serikat , Australia dan Brazil.  Kemudian ada negara yang sedang mempersiapkan penggunaan monorel seperti di Teheren Iran, Putrajaya Malaysia, Hongkong, India.  Dan menurut kabar rencananya di Kota Bandung Indonesia mulai tahun 2012 akan dibuat sistem transportasi massal monorel ini.  Sedangkan di Kota Jakarta hingga saat ini masih belum jelas keberlanjutan proyek monorel ini padahal dibeberapa bagian jalan sudah dibangun tiang-tiang untuk jalur monorel. Dengan adanya sedikit informasi ini teman-teman jadi lebih tau Apa itu Monorel .

Apa itu Monorel,Apa itu Monorel

 

id.wikipedia.org/wiki/Monorel

Comments

Powered by Facebook Comments


Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Apa itu Monorel

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site