Titik Pijat Refleksi

MORATORIUM PNS | TIDAK ADANYA PENERIMAAN PNS | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



MORATORIUM PNS | TIDAK ADANYA PENERIMAAN PNS



Seperti kita ketahui saat ini terdapat permasalahan besar dalam sistem manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), mulai dari sistem penggajian, disiplin, kinerja, produktivitas hingga permasalahan mendasar yaitu masalah rekrutmen.  Aroma KKN memang sangat kental dalam setiap rekrutmen penerimaan CPNS baru.  Orang yang diyakini memiliki beking kuat di pemerintahan dipastikan akan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

MORATORIUM PNS | TIDAK ADANYA PENERIMAAN PNS

MORATORIUM PNS | TIDAK ADANYA PENERIMAAN PNS

Selain itu tidak meratanya jumlah PNS di setiap instansi membuat ada PNS yang berleha-leha dan santai dalam bekerja, ada pula yang kekurangan pegawai.  Dan disisi anggaran, hampir dari 70% anggaran belanja negara kita ini diberikan hanya untuk membayar gaji PNS di seluruh Indonesia.  Hal ini yang menjadi dasar bagi pemerintah saat ini untuk melakukan suatu reformasi dan penataan ulang mengenai jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) disetiap daerah.

Salah satu kebijakan yang dikeluarkan pemerintah adalah melakukan MORATORIUM PNS | TIDAK ADANYA PENERIMAAN PNS. Pada tanggal 24 Agustus kemaren 3 Menteri terkait yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, dan Menteri Keuangan Agus Martowardojo melakukan penandatangan Surat Keputusan Bersama mengenai moratorium PNS di kantor Wakil Presiden.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, dan Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Rabu (24/8), di Kantor Wakil Presiden, menandatangani surat keputusan bersama tentang moratorium penerimaan pegawai negeri sipil.

Apa itu moratorium PNS? MORATORIUM PNS | TIDAK ADANYA PENERIMAAN PNS adalah penundaan sementara penerimaan PNS. Moratorium PNS ini sendiri berlaku mulai 1 September 2011 hingga Desember 2012.  Penundaan atau tidak adanya penerimaan PNS bukan berarti berlaku bagi seluruh instansi, ada posisi-posisi penting lainnya yang masih dibutuhkan dalam formasi rekrutmen CPNS tahun 2011 ini sepertipada tenaga pendidik (guru dan dosen), tenaga kesehatan (dokter, bidan, dan perawat), sipir, serta tenaga pelayanan publik di terminal dan bandar udara. Tidak adanya penerimaan dan lowongan pekerjaan PNS ini dikhususkan bagi tenaga administrasi yang dirasa saat ini sudah cukup banyak.

Pada periode September-Desember tahun 2011 ini, setiap kementerian dan lembaga wajib membuat analisis detail keperluan pe­gawai, yang antara lain memerinci jenis jabatan yang membutuhkan pegawai. Setelah itu dilakukan, baru kita mengetahui profil yang tepat. Kalau mereka tidak mau melakukan itu, tahun depan tidak dikasih budget, tidak dikasih anggaran untuk menerima pegawai. Ada sanksinya. Jadi, mereka tidak punya hak untuk mengajukan rencana perekrut­an.

MORATORIUM PNS | TIDAK ADANYA PENERIMAAN PNS ini merupakan bagian reformasi birokrasi secara nasional. Sasarannya difokuskan pada perubahan dan penataan manajemen SDM pegawai. Rencana ini sudah diatur dalam Perpres Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010- 2025 yang mencakup tentang penataan analisis jabatan bagi setiap pegawai.

Baca Juga :

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: , ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

MORATORIUM PNS | TIDAK ADANYA PENERIMAAN PNS

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site