Direktori ramuan tradisional Indonesia

Melahirkan Bayi dengan Operasi Caesar | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Melahirkan Bayi dengan Operasi Caesar



Proses - Perkembangan teknologi membuat segala sesuatu bersifat instant dan cepat. Hal ini juga berlaku dalam dunia kedokteran, khususnya bagi ibu hamil yang akan melahirkan.  Melahirkan Bayi dengan Operasi Caesar saat ini mungkin merupakan hal yang lumrah kita dengar, tetapi 2 dekade yang lalu cara ini bisa dibilang belum ada dan se nge trend saat ini.

Melahirkan Bayi dengan Operasi Caesar

Akibat Proses Melahirkan Bayi dengan Operasi Caesar

Saat ini bisa dibilang cara Melahirkan Bayi dengan Operasi Caesar dikatakan sedang ngetrend dan digandrungi oleh banyak ibu-ibu hamil yang akan melakukan proses persalinan.  Kami disini akan membahas mengenai dampak positif dan negatif dari cara persalinan yang satu ini, yang kami peroleh dari berbagai sumber.

Melahirkan Bayi dengan Operasi CaesarAda proses melahirkan bayi saat ini ada dua cara yaitu cara normal dan melalui operasi Caesar.  Sejak zaman dahulu hingga sekarang para ibu lebih memilih melahirkan ecara normal, kalaupun terpaksa melalui operasi Caesar itu dikarenakan beberapa hal yang dapat menimbulkan bahaya bagi keselamatan ibu dan sang bayi.  Kondisi yang menyebabkan ibu melahirkan dengan cara caesar dikarenakan kondisi saat air ketuban sudah pecah namun belum ada kontraksi akan melahirkan, bayi yang terlilit tali pusat sehingga tidak dapat keluar secara normal, usia bayi yang belum matang atau prematur, posisi bayi yang sungsang, dan lain-lain.  Selain itu kondisi ibu yang memiliki panggul sempit sedangkan bayi besar, ibu yang kurang kuat mengejan, adanya riwayat caesar sebelumnya, preeklamsia dan sebagainya.

Tetapi di jaman sekarang telah terjadi suatu salah kaprah, dimana Melahirkan Bayi dengan Operasi Caesar itu menjadi trend.  dikatakan juga zaman sekarang operasi Caesar menimbulkan sedikit rasa sakit, dan cepat. Selain itu dengan Caesar, keluarga bisa melahirkan sesuai tanggal yang dianggap baik.  Padahal prosedur operasi melalui Caesar ini harus memperhatikan kondisi-kondisi terburuk yang sekiranya membahayakan anak dan sang Ibu, bukan semudah dan seenak kita dan sang Dokter.

Pemahaman yang salah kaprah mengenai persalinan Caesar ini bisa dibilang dapat membahayakan kesehatan perempuan apabila tidak ada indikasi medis yang kuat, karena bisa membuat keselamatan ibu dan bayi terancam. Ada stigma negatif dari proses persalinan Caesar yang dilakukan oleh oknum dokter nakal, karena dianggap proses ini dapat menambah pemasukan bagi sang Dokter nakal.  Ini dikarenakan proses ini membutuhkan biaya ekstra dan lebih dari persalinan normal.  Perkiraan biaya melalui caesar ini antara 7-13 juta Rupiah.  maka dari itu wajar apabila stigma negatif dari para oknum dokter nakal tersebut yang ingin menambah pundi-pundi uangnya dengan menyarankan proses persalinan Caesar tanpa didukung kondisi dan medis sang ibu dan bayi.

Pengertian Operasi caesar itu adalah mengiris perut sampai ke rahim. Bisa kita bayangkan ada sekitar 7 lapisan yang di dalam perut yang dibuka paksa, yang nantinya disambung kembali secara paksa melalui jahitan.   pastinya proses Pemulihan memakan waktu yang lama. Belum lagi resiko terbuka kembali secara paksa. Bahkan untuk hamil baru bisa melahirkan kembali setelah sampai 2 tahun kedepan.

Memang bisa dibilang persalinan dengan Operasi lebih cepat dan mudah.  Sang Ibu tidak merasakan sakit yang amat akibat kontraksi.  Tetapi bukan berarti dengan operasi semuanya terasa mudah tanpa cela.  Dari hasil riset para dokter menunjukkan bahwa resiko melahiran dengan cara operasi ini membutuhkan waktu penyembuhan luka rahim yang lebih lama dibandingkan persalinan normal.

Video Melahirkan Bayi dengan Operasi Caesar

Rasa nyeri bisa selalu muncul selama luka belum benar-benar sembuh.  Apalagi ditambah resiko terjangkit infeksi akibat jahitan operasi bisa terjadi.  Maka dari itu apabila telah melakukan operasi dianjurkan untuk sering dan rajin melakukan check-up ke Dokter untuk memastikan kondisi pasca melahirkan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Melahirkan Bayi dengan Operasi Caesar :

Kelebihan Operasi cesar  antara lain:

  1. Proses melahirkan sang Ibu, tidak merasakan sakit karena ketika melahirkan bayinya terkena efek obat bius.
  2. Ibu dan Keluarga bisa memilih tanggal kelahiran bayi sesuai dengan yang keinginan misalnya tanggal penting yang dianggap hari beruntung dan berkah bagi keluarga.
  3. Organ kewanitaan utuh sama seperti sebelum melahirkan (artinya organ reproduksi wanita akan normal karena tidak sobek atau mengalami kerusakan akibat proses persalinan).
  4. Proses ini Sangat dibutuhkan bagi wanita yang memiliki riwayat melahirkan caesar, hipertensi, pinggul sempit, persalinan lama, atau ibu tidak kuat mengejan
  5. Proses ini dilakukan dalam waktu yang singkat sehingga proses persalinan yang lama bisa dihindari, selain itu dengan operasi ini juga dapat meminimalis terjadinya kecelakaan yang biasa terjadi pada proses kelahiran normal sehingga bayi cacat bisa dihindar
  6. perempuan yang melahirkan kembali dalam kurun waktu 18 bulan setelah operasi caesar, kemungkinan rahimnya robek (ruptur uteri) adalah sebesar tiga kali lipat dibandingkan mereka yang menunggu lebih lama sebelum melahirkan kembali

Sedangkan kekurangan dari operasi caisar adalah:

  1. Rasa sakit pada bagian perut dan rahim akibat robekan saat operasi sangat terasa, sedangkan  Hal ini tidak dirasakan oleh ibu yang melahirkan secara normal.
  2. Indikasi Kemungkinan terjadinya infeksi rahim serta perdarahan yang lebih banyak daripada persalinan normal, karena perut dan rahim yang disobek.
  3. Kemungkinan terjadinya trauma pada organ tubuh yang lain.
  4. Membutuhkan masa dan waktu pemulihan yang lebih lama daripada persalinan normal, bahkan efeknya masih dirasakan hingga bertahun-tahun.
  5. Biaya untuk melahirkan dan pembedahan dengan cara caesar jauh lebih besar dibanding persalinan normal yaitu sekitar 6 sampai 12 Jutaan.
  6. Terdapat bekas operasi pada perut bagian bawah.

Bukankah orang tua kita dulu masih sehat wal afiat melakukan persalinan secara normal dibandingkan Melahirkan Bayi dengan Operasi Caesar ?..Pertimbangkan segala sesuatu dengan baik dan cermat untuk masa dengan Ibu dan Bayi anda, cara ini dianjurkan bagi kondisi – kondisi tertentu yang sudah kami jelaskan diatas.

 

sumber :

  • http://superartikel.com/2011/03/14/operasi-caesar-keuntungan-dan-kekurangannya/
  • http://mediasehat.com/tanyajawab490
  • http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10530189

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Melahirkan Bayi dengan Operasi Caesar

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site