Contoh Proposal Penelitian Skripsi

Menurut data kehadiran diatas terlihat bahwa trend ketidakhadiran tanpa keterangan/bolos cenderung menurun mulai tahun 2004 s.d 2006, tetapi kembali meningkat pada tahun 2007 begitu juga 2008.  2006 merupakan tahun yang luar biasa dimana tidak terdapat tenaga pengajar yang bolos, dikarenakan pada tahun ini merupakan tahun dimana Sistem Informasi Kehadiran Online mulai diterapkan.

2.    Masih adanya pegawai yang tidak mengikuti prosedur dalam pengajuan izin maupun cuti.  Penerapan ISO 9001:2000 di Universitas Indonesia Bersatu mengharuskan organisasi mendokumentasikan segala aktivitasnya dan melakukan aktivitas yang telah terdokumentasi, salah satunya pembuatan Work Instruction (WI).  Dalam pengajuan izin dan cuti di Universitas Indonesia Bersatu sudah terdapat WI yang mengatur prosedurnya, tetapi pada kenyataanya masih cukup banyak pegawai yang tidak mengikuti prosedur WI tersebut.  Contohnya pegawai yang meninggalkan kantor di dalam jam kerja tanpa menginputkan izin di Sistem Informasi Kehadiran Online.

3.    Kurangnya tindak lanjut atasan/Ka. Unit dalam menindak tegas pegawai yang bermasalah dengan tingkat kehadiran.  Sub. Bagian Sumber Daya selaku pengelola data kehadiran pegawai setiap bulannya memberikan laporan kepada Ka. Unit mengenai data kehadiran unit kerjanya.  Laporan ini kemudian di tanda-tangani oleh Ka. Unit sebagai proses persetujuan isi data dalam laporan tersebut.  Disini masih ada Ka. Unit yang hanya membubuhkan tanda tangan tanpa melihat dan menganalisa terlebih dahulu data kehadiran yang ada di dalam laporan, padahal di dalam laporan tersebut terdapat data kehadiran yang bermasalah.

4.    Sistem Informasi Kehadiran Online merupakan aplikasi berbasis web yang sangat tergantung pada jaringan internet di Universitas Indonesia Bersatu.  Rendahnya bandwith dan masih terjadinya error pada sistem jaringan maupun server di Universitas Indonesia Bersatu mengakibatkan Sistem Informasi Kehadiran Online ini tidak dapat digunakan sehingga pegawai kembali beralih pada proses absensi manual.

5.    Ada beberapa pegawai yang tidak dapat menggunakan absen sidik jari/fingerprint dikarenakan sidik jari yang bersangkutan tidak dapat terbaca oleh program.  Sidik jari merupakan sesuatu hal yang unik pemberian dari Tuham YME, setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda dengan orang lain dan tidak ada didunia ini yang memiliki sidik jari yang sama.  Universitas Indonesia Bersatu merupakan institusi pendidikan yang fokus terhadap bidang manufaktur, yang membuat sebagian besar pegawai berhubungan dengan bengkel permesinan dalam pekerjaannya.  Ada beberapa pegawai yang memiliki frekuensi tinggi bekerja dengan mesin membuat sidik jarinya tidak dapat terbaca oleh program, hal ini menyebabkan pegawai tersebut menggunakan absensi manual dalam merekap data kehadirannya.

6.    Suatu program tidak terlepas dari adanya kerusakan (error/bug) dalam penerapannya.  Adanya error yang tidak diinginkan akibat dari program menjadi penghambat Sistem kehadiran Online di Universitas Indonesia Bersatu.

7.    Polling yang terdapat dalam SIKO (Sistem Informasi Kehadiran Online) menunjukkan bahwa penggunaan Sistem Informasi Kehadiran Online diasumsikan sesuai hal yang merepotkan.

Tingkat kehadiran mempunyai hubungan yang positif dengan prestasi kerja.   Dikutip dari its.ac.id, Bycio (dalam Ruky : 2002) mengemukakan bahwa ketidakhadiran dapat mengakibatkan rendahnya prestasi kerja seseorang. Selain itu masih dikutip dari its.ac.id, Goodman dan Atkin (dalam Ruky: 2002) berpendapat bahwa hubungan antara ketidahadiran dengan kinerja pegawai juga dipengaruhi oleh kerumitan pekerjaan bagi mereka yang memiliki kemampuan yang rendah, dan ketidakhadiran dapat mengakibatkan menurunnya prestasi kerja dibandingkan dengan mereka yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi.

Page 2 of 3 | Previous page | Next page

Comments

Powered by Facebook Comments