Direktori ramuan tradisional Indonesia

Program Homeschooling di Indonesia | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Program Homeschooling di Indonesia



Metode -  Saat ini kita sering mendengar banyak selebritis-selebritis yang sedang mengenyam bangku sekolah dan juga anak-anak selebritis yang tidak sekolah di sekolah formal, tetapi sekolah dirumah atau disebut homeschooling.  Nah banyak orang yang penasaran dan bertanya-tanya apa itu sekolah rumah / Program Homeschooling di Indonesia?

Program Homeschooling di Indonesia

Program Homeschooling di Indonesia , Sekolah Rumah Kak Seto

Memang belum banyak yang mengetahui apa, bagaimana, serta dimana Program Homeschooling di Indonesia.  Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Program Sekolah di Rumah ini untuk teman-teman semua.

Homeschooling adalah program pengajaran anak yang diberikan tidak di sekolah tradisional. Kegiatan mengajar dapat dilakukan di rumah atau di suatu tempat pada komunitas tertentu. Siswa homeschooling bisa terdiri dari 1 anak, beberapa saudara bahkan beberapa anak dimana orang tua mereka setuju untuk memberikan program homeschooling ini kepada anaknya. Pengajar atau guru dari program homeschooling ini biasanya dilakukan oleh orang tua atau orang lain yang ditunjuk sebagai gurunya. Homeschooling sebagai sebuah alternatif pendidikan bagi anak dipilih dengan berbagai alasan.

Homeschooling adalah sebuah sistem pendidikan atau pembelajaran yang diselenggarakan di rumah. Homeschooling adalah sekolah alternatif yang menempatkan anak-anak sebagai subjek dengan pendekatan secara “at home”. Dengan pendekatan “at home” inilah anak-anak merasa nyaman belajar karena mereka dapat belajar apapun sesuai dengan keinginannya, kapan saja dan dimana saja seperti ia tengah berada di rumahnya. Jadi, meski disebut homeschooling, tidak berarti anak akan terus menerus belajar di rumah, tapi anak-anak dapat belajar dimana saja dan kapan saja asal situasi dan kondisinya benar-benar nyaman dan menyenangkan seperti “at home”.

Ada beberapa alasan mengapa orang tua memilih program ini :

  • Orang tua yang sering berpindah tempat untuk bekerja, mereka dapat memilih metode homeschooling untuk anak-anaknya.
  • Keluarga tidak ingin terpisah-pisah, dengan metode ini anak-anak pun punya banyak waktu dengan orang tua mereka.
  • Alasan lainnya berkait dengan keimanan anak. Kaum muslimin yang tinggal di negeri dengan mayoritas penduduk non muslim memilih homeschooling untuk menyelamatkan akidah anak-anak mereka sekaligus juga meningkatkan keimanannya.  Seperti halnya Kyai Haji Agus Salim memilih untuk mendidik anak-anaknya sendiri di rumah karena alasan politik. Meksipun begitu, beliau mampu mendidik anak-anaknya menjadi anak yang pintar. Bahkan Ada orang tua di Amerika yang memilih metode homeschooling karena tidak memiliki kepercayaan terhadap sistem sekolah formal di sekolah negeri milik pemerintah.

Adapun beberapa keuntungan serta klemahan memilih metode program Homeschooling dengan Sekolah formal (tradisional) khsus Program Homeschooling di Indonesia , yaitu :

Keuntungan Program Homeschooling di Indonesia Sekolah Rumah :

  • Anak-anak mampu berkonsentrasi dan fokus penuh untuk mendapatkan ketika belajar
  • Metode pengajaran sangat bervariasi dan tidak monoton
  • Anak-anak bisa memilih program pengajaran sesuai minat, bakat dan kemampuannya
  • Kegiatan anak bisa dikontrol oleh orang tua masing-masing

Kelemahan Program Homeschooling di Indonesia Sekolah Rumah :

  • Hingga saat ini belum jelas mengenai akreditasi atau dasar hukum dari sekolah rumah ini oleh pemerintah
  • Anak-anak tidak memiliki teman-teman yang luas seperti halnya di sekolah formal, walaupun memang hal ini dikembalikan kepada bagaimana cara orang tua untuk membuat anaknya banyak melakukan sosialisasi dengan temannya, karena teman tidak harus di sekolah saja, dan tergantung keaktifan anak anda dengan mengikuti komunitas, klub atau kursus-kursus tertentu.
  • Ketidakjelasan kelanjutan studi mereka jika anak-anak itu ingin masuk ke perguruan tinggi sesuai minatnya, apabila sudah setingkat SMA.

Yang terpenting yaitu, untuk melakukan program ini, banyak dibutuhkan kesabaran serta komitmen yang besar dari orang tua yang mengajar anak-anaknya. Untuk bahan pengajaran, mereka harus bekerja keras mencari dan mempelajari materi yang akan diajarkan. Oleh karenanya, orang tua senantiasa harus sepenuh hati untuk mendedikasikan dirinya dalam berperan serta lebih di sekolah rumah ini.

Saat ini yang paling dikenal Indonesia, metode sekolah rumah ini yaitu Homeschooling Kak Seto. Sekolah rumah milik kak Seto ini sendiri sudah menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Luar Sekolah Depdiknas, yakni Program Kesetaraan Nasional. Kurikulumnya homeschoolingnya pun sama dengan Diknas, namun pola pendidikan melalui model home schooling. Homeschooling Kak Seto merupakan sebuah lembaga pendidikan alternatif yang dalam proses pembelajarannya menggunakan pendekatan yang lebih tematik, aktif, konstruktif, dan kontekstual, serta belajar mandiri melalui penekanan pada kecakapan hidup (life skill) dan pemecahan masalah.

Untuk lebih jelasnya mengenai Program Homeschooling di Indonesia milik kak Seto ini, teman-teman langsung saja menghubungi di website mereka di http://hsks.sch.id , saat ini cabang Sekolah rumah kak Seto ini sudah ada di 7 kota yaitu di Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Pekanbaru, Bekasi, dan Medan.

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Program Homeschooling di Indonesia

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site