Direktori ramuan tradisional Indonesia

UU BPJS | Undang Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



UU BPJS | Undang Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial



Jumat 28 Oktober 2011 pada akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) beserta pemerintah telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau RUU BJPS tadi malam pukul 20 : 37 WIB.  Pada saat pembahasan diluar gedung Dewan Perwakilan Rakyat banyak sekali elemen masyarakat yang melakukan demonstrasi menuntut segera di sahkan RUU tersebut menjadi UU, dan pada akhirnya keinginan itu terkabul dan telah disahkan menjadi UU.

UU BPJS | Undang Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Banyak yang belum mengetahui sebetulnya apa itu UU BPJS | Undang Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ? Kemudia apa isi dari UU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial tersebut?..UU BPJS sendiri mengatur pelaksaaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial seperti fungsi organisasi dan mekanisme kerja BPJS dalam mengelola dana amanat, pendaftaran dan pengelolaan data peserta, dan pengumpulan iuran.

Hal lainnya yang terdapat dalam UU ini yaitu  pemberian informasi program kepada masyarakat, pembayaran manfaat,  hak dan kewajiban BPJS, pengembangan aset dan pemberian informasi tentang kinerja dan kondisi keuangan BPJS. UU itu juga berisi hak dan kewajiban peserta, pelaporan penyelenggaraan kepada presiden, pembentukan cadangan teknis dan menjamin pemberian manfaat kepada peserta, wewenang BPJS, Akuntabilitas dan transparansi dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial serta pengenaan sanksi dan pembuatan kesepakatan dengan asosiasi sesuai standar yang ditetapkan pemerintah.

Adapun pembahasan BPJS I sudah disepakati pekan lalu. Disepakati, BPJS I beroperasi mulai 1 Januari 2014 dan langsung menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan, termasuk menampung pengalihan program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan PT Jamsostek (Persero) dan PT Asabri (Persero).

Dengan disahkannya RUU BPJS ini menjadi UU ini diharapkan akan memberikan kepastian hukum dalam penyelenggaraan jaminan sosial sebagaimana diamanahkan dalam UU nomor 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional yang efektif, efisien, dan terarah.

Nantinya dengan adanya Undang Undang BPJS ini seluruh warga negara Indonesia mendapatkan Jaminan yang terdiri dari Jaminan layanan kesehatan , kecelakaan kerja , jaminan hari tua, dan jaminan pensiunBPJS I merupakan Jaminan Kesehatan sedangkan BPJS II khusus menjangkau soal tunjangan hari tua, kematian dan kecelakaan kerja.  Draf RUU BPJS mengatur peleburan sejumlah lembaga jaminan sosial plat merah seperti Jaminan Sosial Tenaga Kerja dilebur ke dalam BPJS II ini.

UU BPJS  | Undang Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

UU BPJS | Undang Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site