Metodologi Penelitian Contoh Pengertian dan Metode

menyambung artikel sebelumnya mengenai karya tulis, Dalam Bab III terdapat perbedaan isi antara yang menggunakan pendekatan kuantitatif ( metodologi penelitian kuantitatif ) dan yang menggunakan pendekatan kualitatif ( metodologi penelitian kualitatif  ).  Perbedaan itu dapat dilihat dari penjelasan sebagai berikut.

Untuk mahasiswa yang berencana mengerjakan Skripsi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif atau metode kuantitatif, dalam Bab III berisikan isi sebagai berikut :

  • Metode Penelitian
  • Populasi
  • Sampel dan Teknik Sampling
  • Teknik Pengumpulan Data
  • Teknik Pengolahan dan Analisis Data

Sedangkan bagi mahasiswa yang menggunakan pendekatan kualitatif atau metode kualitatif, isi dari Bab 3 adalah sebagai berikut :

  • Metode Penelitian
  • Teknik Pengumpulan Data
  • Prosedur Pengolahan Data

Nah untuk lebih lengkapnya berikut ini informasi singkat mengenai Metodologi Penelitian Contoh Pengertian dan Metode yang terdapat dalam Bab Tiga (3) Skripsi ataupun Penulisan Karya Ilmiah lainnya :

 

Metode Penelitian |  Pendekatan Penelitian

Pada dasarnya dikenal banyak metode penelitian antara lain dalam Metodologi Penelitian Contoh Pengertian dan Metode.  Dalam Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis metode yang seringkali digunakan adalah kuasi eksperimental, studi kasus dan evaluasi.  Sedangkan metode yang lazim dalam penelitian kualitatif adalah studi kasus, metode wawancara, metode observasi dan kajian pustaka.  Pada bagian ini mahasiswa harus menjelaskan metode yang digunakan dan alasan penggunaan metode tersebut.

Metode kuasi eksperimental dipergunakan apabila mahasiswa ingin meneliti hubungan sebab akibat antara dua atau lebih variabel  (tdak hanya mengkaji hubungan korelasional).

Metode studi kasus dipergunakan apabila mahasiswa ingin mengamati tentang suatu hal secara mendalam pada kelompok masyarakat / organisasi tertentu tanpa berniat membuat generalisasi temuan penelitiannya di luar konteks penelitiannya sendiri.

Metode evaluasi digunakan apabila mahasiswa ingin memahami, memutuskan, atau menilai sesuatu dengan cara membandingkan standar dengan kenyataan.

Metode Survai digunakan apabila mahasiswa ingin memahami tentang sesuatu fenomena yang terjadi dalam masyarakat / organisasi dengan harapan penemuan tersebut hanya digunakan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dalam masyarakat / organisasi tersebut.

Metode historis digunakan jika mahasiswa ingin meneliti proses perkembangan sesuatu objek, sehingga dari penelitian tersebut dapat disimpulkan mengapa dan bagaimana sesuatu itu menjadi seperti yang saat ini terjadi.  Dengan pemahaman yang baik terhadap objek yang diteliti, mahasiswa diharapkan menemukan pola umum yang dapat digunakan sebagai pijakan untuk memecahkan masalah di masa depan.

Metodologi Penelitian Contoh Pengertian dan Metode ini digunakan sesuai dengan pendekatan serta metode yang akan di gunakan dalam Skripsi maupun karya tulis ilmiah lainnya.

Populasi Sampel dan Teknik Sampling

Page 1 of 3 | Next page

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: