Metodologi Penelitian Contoh Pengertian dan Metode

Penjelasan mengenai populasi, sampel dan teknik sampling digunakan hanya untuk penelitian yang menggunakan pendekatan metode kuantitatif.  Pengertian Populasi adalah keseluruhan elemen yang hendak dijelaskan oleh mahasiswa yang menjadi sasaran generalisasi penelitian.  Elemen yang dimaksud disini adalah dapat berupa manusia, desa, sistem dan sebagainya.  Pengertian Sampel adalah wakil dari populasi.  Keputusan untuk mengambil sampel itu sah apabila temuan dalam sampel tersebut akan dipakai untuk menjelaskan populasi.  Dengan demikian, tidak semua penelitian memerlukan sampel ( seperti dalam studi kasus ) .  Di samping itu tidak semua sampel digunakan untuk menjelaskan populasi, sehingga penggunaan populasi dalam penelitian tertentu mungkin tidak sesuai.

Mahasiswa harus menjelaskan populasi beserta besarannya dan cara penarikan sampel. Sifat-sifat populasi harus dijelaskan karena ukuran sampel (sampel size) dan teknik penarikan sampel (sampling technique) sangat tergantung pada karakterisrik populasi. Dengan kata lain , pada bagian ini mahasiswa bukan hanya menjelaskan konsep populasi dan sampel.

Teknik Pengumpulan Data

Dalam  teknik pengumpulan data adaa dua hal penting yang harus diperhatikan mahasiswa, yaitu teknik pengumpulan data (misalnya : observasi, wawancara telaah dokumen dan penyebaran angket) dan instrumen penelitian (misalnya : panduan observasi, panduan wawancara, panduan telaah dokumen dan kuesioner). Metode adalah cara mengumpulkan data. Sedangkan yang dimaksud  dengan instrumen penelitian adalah alat untuk mengumpulkan data.

Mahasiswa dalam skripsinya, harus menjelaskan alasan penggunaan teknik pengumpulan data dan jenis instrumen yang digunakan. Perlu diingat penetapan penggunaan jenis metode instrumen harus sesuai dengan pokok permasalahan penelitiannya. Suatu penelitian mungkin hanya membutuhkan penyebaran angket sebagai metode pengumpulan datanya sementara itu penelitian lain mungkin memerlukan juga wawancara dan observasi sebagai metoda pengumpulan datanya. Agar instrumen yang digunakan bermutu baik (memiliki validitas dan relibilitas yang tinggi), mahasiswa hendaknya menguji coba terlebih dahulu instrumennya sebelum digunakan.

Penetapan penggunaan jenis metode dan instrumen harus disesuaikan denaga pokok permasalahan penelitiannya. Suatu penelitian mungkin hanya membutuhkan penyebaran angket sebagai metode pengumpulan datanya, di lain pihak, penelitian memerlukan juga wawancara dan juga observasi sebagai metode pengumpulan datanya. Agar instrumen yang digunakan bermutu baik (memiliki validitas dan rehabilitas yang tinggi) mahasiswa hendaknya menguji coba terlebih dahulu instrumennya sebelum digunakan.

Teknik Pengolaan dan Analisis Data

Bagian ini hanya ada pada penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada bagian ini mahasiswa harus menjelaskan proses pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitiannya. Pengolahan dan analisis data tergantung pada jenis datanya apakah kualitatif dan kuantitatif dalam Metodologi Penelitian Contoh Pengertian dan Metode.

Untuk data kualitatif (misalnya hasil wawancara yang terekam di kaset/cd/perangkat lain), mahasiswa harus menjelaskan bahwa rekaman tersebut akan dituangkan (ditranskripkan) secara tertulis. Setelah proses transkrip selesai maka data tersebut dianalisis sesuai dengan prinsip-prinsip analisis data kualitatif.

Untuk data kuantitatif  (misalnya dari hasil jawaban kuesioner), mahasiswa menjelaskan bahwa data mentah dari kuesioner itu ditabulasikan. Seteleah ditabulasi, data tersebut dicek ulang untuk mengetahui kebenarannya. Selanjutnya mahasiswa merencanakan teknik analisis daya yang akan digunakan. Selain itu, untuk analisis data kuantitatif, mahasiswa wajib melaksanakan teknik statistik apa yang akan digunakan. Misalnya, mahasiswa menjelaskan bahwa statistik yang digunakannya adalah statistik deskriptif karena tujuan penelitiannya memang hanya ingin menjelaskan bahwa yang bersangkutan akan mengunakan analisis korelasi product moment, karena peneliti ingin menjelaskan hubungan antara dua variabel atau lebih dan jenis data yang akan dianalisisnya bersekala interval.

 

Prosedur Pengolahan Data

Bagian dalam Metodologi Penelitian Contoh Pengertian dan Metode ini hanya ada pada penelitian yang menggunnakan pendekatan kualitatif. Prosedur ini berisi penjelasan tentang tahapan pengelolaan (dari data mentah,  langsung, hasil catatan lapangan sampai data rapi dan siap untuk ditafsirkan) berdasarkan prosedur atau tahapannya yang sistematis.

Page 2 of 3 | Previous page | Next page

Comments

Powered by Facebook Comments