Titik Pijat Refleksi

NISN | Nomor Induk Siswa Nasional | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



NISN | Nomor Induk Siswa Nasional



Nomor NISN | Nomor Induk Siswa Nasional TK, SD, SMP,SMA, Perguruan Tinggi Terbaru- Penataan di bidang administrasi birokrasi pemerintahan khususnya dalam bidang pendidikan terus dilakukan oleh pemerintah.  Salah satu produk dari penataan dari reformasi birokrasi adalah dengan dibuatnya sistem penomoran Standar Siswa Nasional ini.  Pengertian NISN merupakan singkatan dan kependekan dari Nomor Induk Siswa Nasional.  Nomor ini sendiri merupakan nomor tunggal dari Siswa / Siswi SMP, SMA, MTs, Mi, SMK, MA.

NISN | Nomor Induk Siswa Nasional

Alamat Website NISN | Nomor Induk Siswa Nasional Terbaru

Saat ini setiap Siswa / Siswi memiliki Nomor Induk TK, SD, SMP, SMA, maupun perguruan Tinggi. Walaupun sudah diberlakukan, tetapi masih banyak siswa yang belum tahu bagaimana mengetahui Nomor Induk Siswa dan berapa Nomor Siswa Nasional nya.  Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi berapa dan bagaimana mencari Informasi mengenai Nomor NISN Siswa TK , SD , SMP , SMA Negeri maupun Swasta.

Peranan dari Nomor NISN sendiri merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang merupakan bagian dari program DAPODIK (Data Pokok Pendidikan).  Standar Nomor nasional Siswa TK , SD, SMP, SMA Negeri / Swasta serta Perguruan Tinggi ini dibangun oleh Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan Depdiknas tahun 2006/2007 lalu yang bertujuan untuk kemajuan Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Layanan Standar Nomor Nasional N I S N menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan Nasional . Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia.

Adapun bagaimana Cara menentukan Nomor N I S N ini adalah prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN.  Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online melalui web operator masing-masing. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem.

Sebelumnya untuk mencari Nomor NISN ini kita mengakses website yang beralamatkan di http://nisn.dapodik.orgTetapi sesuai dengan surat edaran no. 1980/P3/TP/2011 tanggal 14 September 2011 dari PDSP Kemdiknas perihal pemberitahuan pelayanan Sistem Layanan DAPODIK versi terbaru.  Maka alamat website Pencarian Nomor NISN ini berubah menjadi http://nisn.data.kemdiknas.go.id.  Berikut ini merupakan Surat Edaran Nomor 1980/P3/TP/2011 tentang Alamat Website Nomor NISN Terbaru yang mulai diberlakukan 1 Januari 2012.

NISN | Nomor Induk Siswa Nasional
NISN | Nomor Induk Siswa Nasional
Download Surat Edaran no. 1980/P3/TP/2011 Perihal Nomor NISN terbaru
(klik gambar surat untuk memperbesar)

Data Nomor Siswa Nasional ini berlaku bagi seluruh Provinsi di Indonesia seperti Aceh, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua, Maluku, dll.  Serta berlaku juga di Kota serta Kabupaten seperti Bandung, Jakarta, Medan, Banda Aceh, Lampung, Palembang, Garut, Tasikmalaya, Kuningan, Cirebon, Serang, Purwakarta, Semarang, Solo Surakarta, Yogyakarta, Jember, Surabaya, Mojokerto, Denpasar, Makassar, Jayapura, Wamena, Ambon, Gorontalo, Sambas, Kampar, Balikpapan, Samarinda, Bangka Belitung maupun Siswa Indonesia yang sedang di Luar Negeri.

Bagi yang ingin mencari Data Induk Nomor Siswa Nasional silahkan masukkan datanya di kotak pencarian dibawah ini :

 


Pencarian Data Siswa:
Masukan Nomor Induk Siswa

Pencarian Data Sekolah :

Masukan NPSN Sekolah

Bagi teman-teman, Guru, atau Orang tua yang sedang mencari Berapa NomorNISN anaknya bisa melihat langsung di alamat website terbaru di http://nisn.data.kemdiknas.go.id.  Cara nya mudah, tinggal buka alamat tersebut di web browser kemudian tinggal cari menu Mencari Berapa Nomor NISN | Nomor Induk Siswa Nasional Per Propinsi, Kota, Kabupaten atau tingkat pendidikan.

Comments

Powered by Facebook Comments


Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

NISN | Nomor Induk Siswa Nasional

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site