Contoh Penulisan Sumber Kutipan

yang baik dan benar – Dalam penulisan karya Ilmiah baik berupa Makalah, Skripsi, Thesis, Disertasi maupun karya tulis ilmiah lainnya hal yang akan kami bahas berikut ini adalah sesuatu hal penting yang harus diperhatikan oleh para penulis karya tulis ilmiah maupun penulisan penelitian.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam Contoh Penulisan Sumber Kutipan ini.  Nah untuk lengkapnya berikut ini Cara menulis Kutipan yang baik dan benar :

Contoh Penulisan Sumber Kutipan

Contoh Penulisan Sumber Kutipan

a) Penulisan Kutipan apabila jika nama pengarah buku ditulis mendahului kutipan, maka cara penulisannya adalah nama keluarga/belakang penulis diikuti tahun penerbitan dan nomor halaman yang dikutip dengan kutipan yang dimaksud.  Tahun penerbitan dan nomor halaman yang dikutip diletakkan dalam kurung.

Berikut ini tersebut :

Menurut Newstrom (1989 : 24 ) , yang dimaksud dengan sosialisasi adalah : “….. ( lanjutkan dengan kutipan yang dimaksud )

b) Penulisan Kutipan Jika nama pengarah buku ditulis setelah kutipan maka penulisan nama keluarga/belakang, tahun dan halaman, semuanya diletakan dalam  kurung. Lihat pada contoh butir ketiga dalam ujung kutipan … in the long run.

sumber kutipan ditulis lengkap di antara dua tanda kurung yaitu  : (Newstrom, 1983:63)

c) Jika sumber kutipan merujuk sumber lain sebagai lain atas bagian yang dikutip, maka sumber kutipan yang ditulis tetap sumber kutipan yang digunakan oleh penulis tetapi dengan menyebutkan siapa yang mengemukakan pendapat tersebut.

Contoh Penulisan Sumber Kutipan :

 Adam J. Stacy (Newstrom, 1983:136) mengemukakan equity theory yang berarti bahwa : ” ….. (lanjutkan dengan kutipan yang dimaksud)”

Adam ialah orang yang mengemukakan teori equity, tetapi kutipan tentang penjelasan teori itu diambil dari buku Newstrom dan bukan dari buku yang ditulis Adam.

d) Jika penulis terdiri dari dua orang maka nama keluarga/belakang kedua penuis harus disebutkan.

Contoh :

Keith dan Newstrom (1989:104) mengemukakan:  “… (lanjutkan dengan kutipan yang dimaksud)”.

Atau dapat juga ditulis diujung kutipan dengan mengikuti aturan seperti penjelasan butir ke delapan (b).

e) Jika penulisannya lebih dari dua orang maka disebutkan hanya nama keluarga/belakang dari penulis pertama dan diikuti oleh et, al dan diakhiri dengan tanba baca titik (.)

Format Penulisan Kutipan :

Mc Clelland, et al. (1976:84) menjelaskan bahwa ….. (lanjutkan dengan kutipan yang dimaksud)”.

f) Jika masalah  dikutip dibahas oleh beberapa orang dalam sumber yang berbeda, maka cara penulisan sumber kutipan itu adalah seperti tampak pada contoh berikut .

Contoh Penulisan Sumber Kutipan :

Drucker(1985), Schuster(1987), dan Rowland(1987) mengemukakan bahwa: “Pada esensinya proses pengambilan keputusan itu ……… (lanjutkan dengan kutipan yang dimaksud)”.

Dari contoh tersebut, berarti esensi pikiran tentang proses pengambilan keputusan diambil dari ketiga sumber itu.

g) Jika sumber kutipan itu adalah beberapa karya tulis dari penulis yang sama dan diterbitkan pada tahun yang sama maka cara menulisnya ialah dengan membubuhkan huruf a,b, dan seterusnya pada tahun penerbitan secara kronologis.

Contoh :

Drucker,(1985a) berpendapat bahwa : “…………….(lanjutkan dengan kutipan yang dimaksud)”.

Contoh ini menunjukan bahwa pada tahun 1985 Druker menulis buku lain yang digunakan penulis sebagai sumber kutipan.

h) Jika sumber kutipan tanpa nama dan atau tanpa tahun maka nama diganti dengan (tn) dan tahun diganti dengan (tt).

Contoh Penulisan Sumber Kutipan :

Page 1 of 2 | Next page

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: ,