Titik Pijat Refleksi

Anti SOPA dan anti PIPA | UU Pembajakan Online | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Anti SOPA dan anti PIPA | UU Pembajakan Online



Saat ini dunia internet dunia sedang diramaikan dengan gerakan anti SOPA dan PIPA.  Khusus perusahaan yang bergerak di bidang IT dan Internet gerah dengan akan disahkannya Undang-Undang Anti Pembajakan Online dan Kekayaan Intelektual ini dikarenakan akan mengancam kebebasan dunia internet yang selama ini merupakan tujuan dari adanya jaringan ini.

Anti SOPA dan anti PIPA | UU Pembajakan Online

Anti SOPA dan anti PIPA | UU Pembajakan Online

Beberapa Situs internet besar seperti Google, Facebook, Twitter, Wikipedia, WordPress, Mozilla Firefox, Boing-boing, The Huffington Post, Electronic Frontier Foundation , Dinosaur Comics, dll menolak rencana pengesahan Rancangan Peraturan dan Undang Undang ini.  Tetapi banyak orang yang bingung apa itu Anti SOPA dan anti PIPA | UU Pembajakan Online ?

Undang-undang yang dimaksud ini ada dua, yaitu Stop Online Piracy Act yang disebut SOPA dan Protect IP Act yang merupakan pengertian dari PIPA.  Rancangan UU Keduanya ini masih dalam proses legislasi. Tanpa terlalu jauh membahas detail perundangannya, SOPA dan PIPA agaknya tak hanya berdampak pada situs AS. Justru, target dari RUU tersebut adalah situs yang berada di luar AS. Lewat RUU tersebut, nantinya situs di luar AS yang dianggap melanggar hak cipta bisa diblokir sepihak.

Ada dua metode blokir apabila Undang-Undang SOPA dan PIPA ini sudah di sah kan. Pertama, penyelenggara jasa internet di AS memblokir domain situs yang melanggar. Metode pertama ini jadi keberatan banyak pihak dan, menurut PC World, sudah dihilangkan dari rancangan SOPA dan PIPA terbaru.  Metode kedua adalah menghentikan bisnis dari penyedia jasa pembayaran, iklan, dan mesin pencari dari situs yang melanggar.

Contohnya sebagai berikut, jika ada suatu situs (termasuk di Indonesia) yang dianggap melanggar, maka Google sebagai mesin pencari tak boleh menampilkan situs itu di hasil pencarian.  Kemudian Contoh lainnya, jika situs yang dianggap melanggar tadi memanfaatkan jasa PayPal untuk pembayaran, atau AdSense untuk iklan, layanan itu juga harus dihentikan.

Aturan SOPA dianggap lebih garang dari PIPA karena mendefinisikan situs yang melanggar sebagai “situs apa pun yang melakukan atau memfasilitasi pelanggaran hak cipta”. Ingat bahwa hak cipta di sini bukan hanya konten bajakan, semisal videoklip musik, lagu, atau software. Ini juga mencakup produk fisik yang dianggap melanggar, misalnya mainan anak-anak versi “kw”.

Ini hanya contoh, tetapi mungkin bisa jadi ilustrasi dampak dari SOPA atau Stop Online Piracy Act. Misalnya, di forum jual beli sebuah komunitas terbesar di Indonesia atau toko online terbuka lainnya terdapat penjual produk bajakan.  Lewat SOPA, situs tersebut bisa dilarang berbisnis dengan AS.  Dengan demikian, iklan (seperti Google Ads atau lainnya) tak akan muncul di situs tersebut karena dianggap telah melanggar aturan Stop Online Piracy Act.

Kemudian, untuk pembayaran lewat layanan berbasis AS, misalnya PayPal, juga tak boleh dilakukan lewat situs tersebut . Situs tersebut juga akan dipaksa tak muncul di pencarian lewat Google. Skenario ini tentunya bisa berdampak, baik bagi mereka yang menggunakan layanan seperti PayPal di situsnya, maupun yang mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan AdSense dan sejenisnya.

Memang harus diakui, pada akhirnya SOPA dan PIPA adalah perang tanding di arena legislasi antara pelobi dari kubu Hollywood melawan pelobi dari kubu Silicon Valley yang Anti SOPA dan anti PIPA | UU Pembajakan Online.  Meski demikian, dampaknya pada industri internet/digital di Indonesia tidak bisa diabaikan begitu saja. Jadi, siapa yang akan menang? Kita tunggu saja hasil akhirnya.

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags:

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Anti SOPA dan anti PIPA | UU Pembajakan Online

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site