Akreditasi Perguruan Tinggi 2012

Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Akademi, Politeknik, serta Lembaga Pendidikan tinggi yang ingin memperoleh penilaian akreditasi maupun pendaftaran nilai baru harus mengumpulkan dokumen-dokumen yang disebut dengan borang dan instrumen penelitian akreditasi.  Proses Akreditasi Perguruan Tinggi 2012 program studi dimulai dengan pelaksanaan evaluasi diri di program studi yang bersangkutan. Evaluasi diri tersebut mengacu pada pedoman evaluasi diri yang telah diterbitkan BAN-PT, namun, jika dianggap perlu, pihak pengelola program studi dapat menambahkan unsur-unsur yang akan dievaluasi sesuai dengan kepentingan program studi maupun institusi perguruan inggi yang bersangkutan. Dari hasil pelaksanaan evaluasi diri tersebut, dibuat sebuah rangkuman eksekutif (executive summary), yang selanjutnya rangkuman eksekutif tersebut dilampirkan dalam surat permohonan untuk diakreditasi yang dikirimkan ke sekretariat BAN-PT.  Baca juga Daftar nama universitas,perguruan tinggi,politeknik di Bandung.

 

Daftar Hasil Akreditasi Perguruan Tinggi 2012

Sekretariat BAN-PT akan mengkaji ringkasan eksekutif dari program studi tersebut, dan jika telah memenuhi semua kompoen yang diminta dalam pedoman evaluasi diri sekertariat BAN-PT akan mengirimkan instrumen akreditasi yang sesuai dengan tingkat program studi setelah instrumen akreditasi diisi, program studi mengirimkan seluruh berkas (instrumen akreditasi yang telah diisi dan lampirannya, beserta copy-nya) ke sekretariat BAN-PT. Jumlah copy yang harus disertakan untuk program studi tingkat Diploma dan Sarjana sebanyak 3 copy, sedangkan untuk program studi tingkat Magister dan Doktor sebanyak 4 copy. Penilaian dilakukan setelah seluruh berkas diterima secara lengkap oleh sekretariat BAN-PT berlaku untuk Akreditasi Perguruan Tinggi 2012.

Setiap civitas akademik maupun masyarakat bisa melihat Daftar Hasil Akreditasi Perguruan Tinggi 2012 di seluruh Indonesia.  Hanya dengan membuka website BAN PT dengan alamat http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php.  Di website tersebut anda bisa melihat Kopertis Wilayah, Tingkat Pendidikan ( Diploma III, Diploma I, Diploma II, Sarjana, Magister,ataupun Doktoral), Nama Perguruan Tinggi, Nama Program Studi, Tahun.  Jadi yang dilakukan penilaian akreditasi adalah masing-masing program Studinya.

Bagi mahasiswa Penilaian Akreditasi ini sangatlah penting, karena sekarang ini ada banyak perusahaan yang mengisyaratkan nilai program studi yang memiliki akreditasi yang baik sebagai salah satu persyaratan lamaran pekerjaan.  Tentu hal Akreditasi Perguruan Tinggi 2012 akan berdampak positif bagi institusi pendidikan itu sendiri.

 

Page 2 of 2 | Previous page

Comments

Powered by Facebook Comments