Direktori ramuan tradisional Indonesia

Jembatan Selat Sunda Proyek Pembangunan Konstruksi | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Jembatan Selat Sunda Proyek Pembangunan Konstruksi



Jembatan Selat Sunda Proyek Pembangunan Konstruksi – Wacana semakin ramai.  Apabila proyek ini benar-benar terealisasi tentu merupakan suatu mega proyek bagi negara Indonesia khususnya, dan bisa dibilang Jembatan ini bisa menjadi salah satu Jembatan terpanjang di dunia. Jembatan Selat Sunda yang digadang bakal menggeser Jepang sebagai bentang jembatan terpanjang kedua di dunia perlahan mulai dimatangkan pemerintah. Jembatan ini diharapkan bisa menjadi alternatif pemecahan mobilitas tinggi antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Proyek ini diperkirakan memerlukan investasi sangat besar, US$25 miliar. Untuk studi kelayakan dan desain awal saja memerlukan US$150 juta.

Jembatan Selat Sunda akan menjadi jembatan dengan bentang tengah terpanjang di Indonesia, dan kedua di dunia. Saat ini, bentang tengah terpanjang adalah jembatan di Italia dan kedua di Jepang.  Jembatan Selat Sunda Proyek Pembangunan Konstruksi akan menjadi jembatan dengan bentang tengah terpanjang di Indonesia, dan kedua di dunia. Saat ini, bentang tengah terpanjang adalah jembatan di Italia dan kedua di Jepang.

Jembatan Selat Sunda Proyek Pembangunan Konstruksi

Jembatan Selat Sunda Proyek Pembangunan Konstruksi

 

Jembatan Selat Sunda Proyek Pembangunan Konstruksi

 Gambar Jembatan Selat Sunda Desain Rencana

Jembatan dengan total panjang sekitar 29 kilometer itu dibangun menggunakan dua buah jembatan suspensi sebagai jembatan utama dengan panjang bentang mencapai 2.500 meter. Di atas jembatan ini juga direncanakan dapat dilewati kereta api. Rencananya, jembatan ini akan mulai dibangun pada 2014, dan membutuhkan waktu 10 tahun.

Jembatan ini penting sebagai alternatif pemecahan mobilitas tinggi antara Pulau Jawa dan Sumatera. Jawa dan Sumatera memiliki ketergantungan tinggi karena Sumatera sebagai sentra produksi, pengolahan hasil bumi, dan lumbung energi nasional. Sementara itu, Jawa merupakan pendorong industri jasa nasional.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 80 persen kontribusi produk domestik bruto (PDB) pada 2010 berasal dari Jawa dan Sumatera. Namun, pelayanan transportasi barang dan jasa dengan penyeberangan kapal ferry dinilai tidak optimal.

Ide pembangunan Jembatan Selat Sunda ini awalnya diungkapkan Prof Sedyatmo pada 1960 dan ditindaklanjuti pada 1986 dengan melakukan studi awal yang intensif oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Pembangunan Jembatan Selat Sunda tengah dimatangkan. Jembatan yang menghubungkan Pulau Sumatera-Jawa ini direncanakan memiliki panjang 29 kilometer dan dibangun menggunakan dua buah jembatan suspensi sebagai jembatan utama dengan panjang bentang mencapai 2.500 meter. Jembatan yang direncanakan dibangun 2014 ini memakan dana lebih dari Rp215 triliun.

Jembatan Selat Sunda nantinya menjadi rangkaian jembatan yang panjang dan lebar sehingga dibutuhkan beberapa segmen jembatan dengan bentang yang panjang, struktur pylon yang tinggi, dan struktur pondasi yang dalam dan massive. Jembaan ini pula diperkirakan memiliki beban lingkungan seperti angin, potensi gempa dan beban lain yang khusus. Apalagi, JSS dibangun di lingkungan yang agresif karena berada di lingkungan laut (dengan kadar sulfat dan kloridaq yang tinggi). Bahkan, beberapa segmen jembatan berada di laut dalam.

Gambar Rancangan Jembatan Selat Sunda Proyek Pembangunan Konstruksi

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: , , , ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Jembatan Selat Sunda Proyek Pembangunan Konstruksi

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site