Direktori ramuan tradisional Indonesia

Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat



Pembuatan Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat – Bisnis dan usaha ikan lele merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan dan sebetulnya cukup mudah.  Tetapi kemudahan itu dapat dilakukan apabila teman-teman mengetahui tentang ikan lele itu sendiri serta mengenai metode budidaya ikan lele.

Sebelumnya kami telah membahas mengenai Sedikit teknik Budidaya Beternak Ikan Lele ( baca disini ), nah disini kami akan khusus membahas mengenai Pembuatan Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat. Banyak orang yang kesulitan untuk membuat Terpal Kolam dalam budidaya Ikan Lele ini dan tidak mengetahui bagaimana cara membuat Kolam Terpal tersebut.  Berikut ini merupakan sedikit Informasi mengenai pembuatan terpal Kolam dalam budi daya Ikan Lele dari forum online kaskus.

1. Langkah Membuat Kolam Terpal Ikan Lele : Persiapkan Lahan Tanah untuk Kolam

Bisnis ternak budidaya ikan lele sebetulnya cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal (baca disini), tetapi dengan syarat anda punya sendiri tanah kosong.  Karena yang membuat mahal yaitu membeli lahan / menyewa tanah tersebut.  Nah pokonya teman-teman sediakan Sebidang tanah ukuran 2 x 5m dikeruk atau digali sedalam 50 cm, ini penting untuk membantu terpal menahan beban air. Pastikan tanah telah dibersihkan dan harus rata, kemudian di tengah-tengah kolam buatlah cerukan kecil memanjang seperti parit untuk saluran air.

Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat

Gambar pengerukan Tanah kolam Terpal Lele

2. Langkah Membuat Kolam Terpal Ikan Lele : Pembuatan Rangka Untuk Terpal Leke

Setelah lahan sudah dikeruk dan siap maka langkah selanjutnya adalah membuat rangka pada sekeliling kolam setinggi 1m dengan pola seperti pagar, pastikan ukuran rangka adalah 5 x 2 x 1,5m (P x L x T) sehingga pemasangan terpal nantinya akan mudah dengan ukuran yg presisi.  nah untuk rangka terpal ini sampai dengan saat ini memang paling banyak menggunakan bahan bambu tetapi sekarang banyak juga yang mulai beralih menggunakan rangka besi.

Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat

Gambar Pembuatan Rangka Terpal Kolam Lele

Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat

Rangka Terpal dari besi

3. Langkah Membuat Kolam Terpal Ikan Lele : Mempersiapkan Terpal dan Pemasangan Terpal

Belilah terpal dengan ukuran 5 x 8m ( disesuaikan dengan ukuran Kolam tentunya) , kemudian bersihkan menggunakan air dengan cara menggosoknya dengan lap dan diulang beberapa kali supaya zat-zat kimia pada terpal terbuang, tidak dianjurkan menggunakan sabun.  Kemudian Pasangkan terpal mengikuti bentuk rangka bambu dengan hati-hati supaya terpal tidak bocor, kemudian lipat bagian pojok terpal mengikuti bentuk rangka, setelah itu isilah dengan air. Rapikan terpal sambil pengisian air berlangsung, ini dapat membantu pemasangan terpal lebih mudah. Setelah terpal terpasang dengan rapi, selanjutnya ikatkan setiap ujung atau sisi terpal dengan tali rapia yang ditambatkan pada rangka bambu, kemudian lanjutkan pengisian air hingga ketinggian mencapai 50cm.

Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat

Gambar cara pemasangan terpal

4. Langkah Membuat Kolam Terpal Ikan Lele  : Pemupukan

Langkah terakhir dari pembuatan kolam terpal dalam budidaya ikan lele yaitu Untuk menciptakan kondisi air yang ideal bagi tempat hidup lele, kita harus membuat pemupukan terlebih dahulu, ini demi mencapai PH air yg sesuai dg kebutuhan lele. Caranya dengan menggunakan kotoran kambing, pertama kita masukan kotoran kambing pada karung sebanyak 15 kg, sebaiknya dibagi dua masing-masing 7,5 kg lalu cemplungkan kedalam kolam, biarkan menggantung dalam air jangan diberi pemberat. biarkan kolam selama 8 hari (minimal).

Baca Juga Pembenihan Ikan Lele (klik disini)

Pembuatan Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: , , ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Terpal Kolam Lele Cara dan Teknik Membuat

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site