Direktori ramuan tradisional Indonesia

Program Pensiun Dini Pegawai Negeri Sipil | Pensiun Dini PNS 2012 | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Program Pensiun Dini Pegawai Negeri Sipil | Pensiun Dini PNS 2012



Program Pensiun Dini Pegawai Negeri Sipil | Pensiun Dini PNS 2012 – Sebetulnya kabar yang akan diberikan oleh armylookfashion.com sudah menjadi rencana Kementerian Keuangan.  Pada tahun 2011 yang lalu Kementerian Keuangan melalui menterinya Agus Martowardoyo mengatakan bahwa, Kementerian Keuangan akan mengeluarkan kebijakan mengenai Pensiun Dini Pegawai Negeri Sipil, tetapi sampai saat ini ternyata rencana tersebut terhambat.

Keterhambatan itu disadur dari detikcom dikatakan bahwa belum adanya landasan hukum atau Peraturan PP yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) sehingga Kementerian Keuangan belum bisa menjalankan Program Pensiun Dini Pegawai Negeri Sipil | Pensiun Dini PNS 2012.  Rencana mengenai Program Pensiun Dini bagi Pegawai Negeri Sipi dikabarkan sedang dibahas oleh beberapa Kementerian / Lembaga.  lProses pembahasan antar K/L sudah, dari Menkopolhukam sudah, kan kalau mau buat Perpres harus dikoordinasikan oleh menko, dalam hal ini Menkopolhukam, dan itu sudah.  Karena urusan reformasi birokrasi di bawah Menpan dan itu di bawah Menkopolhukam.

Khusus untuk Kementerian Keuangan sendiri Kemenkeu tidak hanya memberikan uang dana kompensasi pensiun saja, melainkan juga bimbingan agar para pegawai yang ikut pensiun dini bisa mengembangkan potensinya guna mendapatkan penghasilan lain di luar penerimaan pensiun yang didapatkannya setiap bulan. Khusus untuk  persyaratan pegawai PNS yang berencana mengikuti Pensiun Dini ini akan ditinjau dari aspek pendidikan dan usia.

Peraturan Pemerintah tentang Pensiun Dini

Sebetulnya Pemerintah sudah memiliki Peraturan Pemerintah tentang Pensiun Dini yang tercantum dalam PP no 32 tahun 1979 tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Pasal 17 ayat 1 dinyatakan bahwa:

Pegawai Negeri Sipil sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7(yaitu PNS yang diberhentikan karena adanya Penyederhanaan/Perampingan Organisasi), Pasal 11 huruf b dan huruf c, dan Pasal 15 ayat (2):

a. Diberhentikan dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan hak pension, apabila telah mencapai usia sekurang-kurangnya 50(limapuluh) tahun dan memiliki masa kerja pension sekurang-kurangnya 10(sepuluh) tahun;

b. Diberhentikan dengan hormat dari Jabatan Negeri dengan mendapat uang tunggu, apabila belum memenuhi syarat-syarat usia dan masa kerja sebagaimana dimaksud dalam huruf a.

Dalam Penjelasan PP no 32 tahun 1979 tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Pasal 17 ayat 1 huruf b dinyatakan bahwa:

- Apabila pada waktu berakhirnya masa pemberian uang tunggu, Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan mencapai usia sekurang-kurangnya 50(limapuluh) tahun dan memiliki masa kerja pensiun sekurang-kurangnya 10(sepuluh) tahun, maka ia diberhentikan dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan hak pension

- Apabila pada waktu berakhirnya masa pemberian uang tunggu, Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan telah memiliki masa kerja pensiun sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun, tetapi belum mencapai usia sekurang-kurangnya 50(limapuluh) tahun dan maka ia diberhentikan dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil dan Pemberian pensiunnya ditetapkan pada saat ia mencapai usia 50 (limapuluh) tahun.

- Apabila pada waktu berakhirnya masa pemberian uang tunggu, Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan belum memiliki masa kerja pension sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun, maka ia diberhentikan dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil tanpa hak pensiun.

Berdasar peraturan pemerintah tersebut yaitu PP no 32 tahun 1979 tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Pasal 17 ayat 1 beserta penjelasannya maka batasan pensiun dini bisa PNS usia berapa saja.  Tentu khusus untuk Peraturan ini berlaku bagi semua Kementerian seperti Kementerian Pendidikan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kesehatan, Kementerian Ekonomi, Kementerian Tenaga Kerja, Seluruh Pemerintah Daerah / Pemda juga tentunya

 http://armylookfashion.com/2012/05/25/program-pensiun-dini-pns-pensiun-dini-pegawai-negeri-sipil-2012.html

Jumlah Uang Pensiun Dini bagi Pegawai Negeri Sipil

Banyak yang bertanya berapa Jumlah Uang yang akan diterima oleh Pegawai PNS yang mengikuti Program Pensiun Dini ini.   Memang dalam pasal di PP No. 32 tahun 1979 dijelaskan mengenai Uang Tunggu tetapi jumlahnya masih belum jelas.  Sedangkan dalam pemberitaan tahun lalu Kementerian keuangan sendiri menyediakan Uang Pensiun Dini bagi PNS sekitar 100 jutaan (sumber).

Program ini sebetulnya cukup bagus karena dapat membuat efisiensi anggaran negara yang lebih dari 50% hanya untuk membayar Gaji para PNS saja.  Tetapi mengurus Pegawai Negeri Sipil memang tidak semudah swasta dan ucapan orang-orang diluar sana karena yang namanya birokrasi harus sesuai dengan peraturan dan aturan yang ada.  Dan terkadang birokrasi ini sendiri yang menghambat dari program-program PNS.  Jadi jangan hanya menyalahkan perseorangan Pegawai Negeri Sipil saja, silahkan masuk sistem PNS dan lihat birokrasinya.

Di Saat para pengusaha dan swasta berkoar-koar mengenai bobroknya sistam Manajemen PNS, ternyata mereka pun bermain didalamnya.  Lihat saja Tender-tender serta para para pembuat kebijakan yang banyak datang dari Non PNS sebetulnya.  PNS sendiri bisa dibilang korban dari sistem birokrasi dan pembuat kebijakan tersebut.  Baca Juga Rencana Kenaikan Gaji PNS 2013

PProgram Pensiun Dini Pegawai Negeri Sipil | Pensiun Dini PNS 2012

Program Pensiun Dini Pegawai Negeri Sipil | Pensiun Dini PNS 2012

 

 

http://armylookfashion.com/2012/05/25/program-pensiun-dini-pns-pensiun-dini-pegawai-negeri-sipil-2012.html

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: , ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Program Pensiun Dini Pegawai Negeri Sipil | Pensiun Dini PNS 2012

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site