Beternak Ayam Kampung Cara dan Budidaya

Teknik Beternak Ayam Kampung Cara dan Budidaya – Dalam artikel sebelumnya armylookfashion.com telah memberikan sedikit informasi umum mengenai gambaran bagaimana budidaya Ternak Ayam ini (baca budidaya ternak ayam).  Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai Ternak Ayam Kampung yang didapat dari berbagai sumber di Internet.

Banyak orang yang kebingungan bagaimana memulai Beternak Ayam Kampung Cara dan Budidaya ini.  Pada intinya sebelum kita masuk dan terjun menjadi peternak baik itu ternak Ikan Lele maupun Beternak Bebek kita harus mengetahui kepribadian dari si hewan ini khususnya Ayam yang akan kita bahas.  Ada beberapa hal yang harus kita rencanakan sebelum terjun untuk beternak Ayam Kampung ini, yaitu 4 P : Pasar, Produk, Peternakan (place) dan Promosi.  Mungkin agak-agak mirip marketing mix ya..hehehe, tapi itu merupakan sedikit tips awal bagi teman-teman armylookfashion.com yang ingin mencoba masuk dalam beternak Ayam Kampung ini.

Pasar merupakan hal yang utama harus kita rencanakan.  Mengapa pasar dulu? hal ini dikarenakan kita harus tahu seberapa besar peluang kita untuk usaha ternak ini.  Karena dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha, kita harus tahu terlebih dahulu pasar nya.  Kemudian yang kedua adalah produk.  Karena kita akan beternak ayam kampung, maka produk kita adalah Ayam Kampung itu sendiri.  Maksud Produk disini adalah kita harus mengetahui mengenai pengetahui dari Ayam Kampung, tahu Teknik Beternak Ayam Kampung Cara dan Budidaya, setelah itu kita siapkan produk kita itu.

Langkah selanjutnya yaitu Peternakan atau Tempat produk kita akan disimpan.  Hal ini sangat penting dikarenakan usaha ternak ayam bisa dibilang dapat mempengaruhi lingkungan sekitar dan masyarakat.  Seperti halnya bau dari kotoran ayam, kebisingan ayam dan lainnya.  Tentu lokasi yang tepat untuk ternak ayam ini di pinggiran kota yang bisa dibilang tidak terdapat di pemukiman penduduk yang padat. Dan yang terakhir apabila sudah menjalankan ke tiga P tersebut, saat nya melakukan Promosi dari hasil ternak ayam kita.  Promosi ini sangat penting untuk mengingatkan kepada Pasar bahwa kita adalah peternak Ayam Kampung.

Nah itu merupakan tips bisnis atau Usaha ternak Beternak Ayam Kampung Cara dan Budidaya secara umum.  Tetapi banyak kendala yang dirasakan oleh para peternak ketika Beternak Ayam Kampung Cara dan Budidaya yaitu proses ternak itu sendiri. Dalam kendala ternak ayam kampung, Kebanyakan ayam kampung banyak terserang penyakit karena ayam kampung tidak banyak di urus, hanya di biarkan berkeliaran. Kalau ayam kampung anda masih di pelihara secara liar dengan dibiarkan berkeliaran, dan ayam2 tersebut berkunjung ke kumpulan ayam tetangga yang sedang sakit, maka dengan secara langsung ayam tersebut sudah mejadi target “penyakit”, dan terkena penyakit juga.

Apakah pernah terpikir jika ayam kampung di kurung, serta di kasih makan dengan cukup, pasti tidak akan terjadi kematian yang banyak, karena ayam tersebut berkunjung ke tempat ayam lain, seperti ayam jantan dan ayam betina yang sedang jatuh cinta, mereka akan saling berkunjung dan akhirnya si jantan akan membawa penyakit dari luar, dan di bawa ke kawasan kandang ternak ayam anda, yang akhirnya secara langsung ayam jantan tersebut menjadi sumber dari wabah penyakit tersebut yang menular ke ayam kampung anda yang lain.  Maka dari itu cobalah ketika kita ternak ayam kampung, coba untuk tidak terlalu sering untuk membuat ayam keliaran diluar apalagi nanti repot-repot mengejar ayam untuk kembali masuk ke kandang kita..hehe

Page 1 of 2 | Next page

Comments

Powered by Facebook Comments