Direktori ramuan tradisional Indonesia

Keris Pusaka | Sejarah dan Macam Keris | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Keris Pusaka | Sejarah dan Macam Keris



Keris Keris Pusaka | Sejarah dan Macam Keris - Di Indonesia, siapa yang tidak mengenal keris.  Keris merupakan salah satu warisan budaya asli asal Indonesia.  Pada zaman dahulu tepatnya ketika Indonesia masih terdapat kerajaan-kerjaan seperti majapahit, keris seperti senjata sakti yang hanya dimiliki oleh orang-orang pilihan / sakti.  Fungsi Keris sendiri Pada masa lalu keris berfungsi sebagai senjata dalam duel/peperangan,sekaligus sebagai benda pelengkap sesajian. Pada penggunaan masa kini, keris lebih merupakan benda aksesori (ageman) dalam berbusana, memiliki sejumlah simbol budaya, atau menjadi benda koleksi yang dinilai dari segi estetikanya.

Keris tidak hanya terdapat di Pulau Jawa saja tetapi hampir diseluruh Indonesia terdapat keris, walaupun memang ada juga yang mirip keris seperti badik atau rencong.  Keris dikabarkan memiliki magis atau istilahnya penunggu didalamnya.  Maka dari itu tidak heran Keris Pusaka | Sejarah dan Macam Keris membuat keris dengan ritual-ritual tertentu.  Dan sampai dengan saat ini Keris diyakini memiliki kekuatan supernatural.  Baca Jenis Juga Pamor Keris

Magic atau  aura mistis yang keluar dari  keris, banyak orang yang menyebutnya sebagai ilmu hipnotis atau ilmu daya saran, bagi manusia atau hewan hal dapat juga berpengaruh oleh daya saran tersebut.  Sehingga apapun yang di sugestikan / diberi perintah oleh seorang hipnotisur akan mempengaruhi jalan pikirannya.

Kemudian Berdasarkan ilmu perkerisan, bisa disimpulkan, bahwa para empu zaman dulu adalah seorang pakar ahli bathin, sehingga mereka mampu menciptakan sebilah keris dengan memasukkan ilmu aji atau postipnotis pada tiap tempaannya sehingga serat keris itu jadi mempunyai suatu daya magic yang sangat besar pengaruhnya.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut menjadikan Keris menjadi suatu kepercayaan dan kebanggaan si pemegang karena tuah dan magic nya, bahkan dari situ pula sugesti orang akan terpanggil.  Konon sejarah keris terjadi di zaman pewayangan. Dalam cerita sejarah keris tersebut dikatakan para dewa membuatnya untuk para manusia bumi yang membutuhkan. Sebut saja keluarga Bharata. Baik itu dari kelompok Astina atau kalangan Pandawa. Tentunya mereka harus melalui ritual yang cukup lama sehingga para dewa mereka kasihan dan akhirnya memberi pusaka tersebut.

Namun dalam perang Bharatayuda, ternyata keris pemberian dewa banyak yang hilang, diantaranya, Keris Sang Yuyu Rumpung (berbentuk lurus), Keris Pusaka Sang Pasopati (berbentuk lurus), Keris Pusaka Sang Bango Dolog (berluk 3), Keris Sang Bakung (berluk 5), Sang Balebang (berluk 11), Sang Keracan (berluk 10) dan masih banyak yang lainnya.

Sehingga pada zaman Majapahit yang pertama, sang raja memerintahkan kepada seluruh empu sakti madraguna untuk membuat keris yang mirip dengan beberapa keris pembuatan para dewa dan dengan kepandaian mereka semua. Akhirnya terlahir juga bentuk keris yang sangat mumpuni sebagai pegangan para raja zaman itu.  empu adalah panggilan bagi orang yang pandai membuat Keris Pusaka tersebut.

Sebagai pengenalan mengenai Jenis dan Macam Keris, kita juga harus tahu tentang apa yang disebut Madya atau zaman pembuatan, karena semua itu adalah kunci awal untuk mengenal lebih dekat sejarah keris serta aneka macam Keris dan perawatannya, dan disini dibagi menjadi 5 Madya, diantaranya :

Macam Keris Zaman Kuno
Sebuah pembuatan keris yang dibikin antara tahun 125 M – 1125 M oleh
beberapa Empu di zaman purwacarita, beliau adalah, Empu Hyang Ramadi, Empu Iskadi, Empu Sugarti, Empu Mayang dan Empu Sarpadewa.

Macam Keris Zaman Madya Kuno
Sebuah pembuatan keris yang dibikin antara tahun 1126 m – 1250 m
meliputi Kerajaan Jenggala, Kediri, Pajajaran dan Cirebon.
Empunya adalah, Kyai Gebang, Kyai Bayu Aji, Nini Sumbro, Empu Akas, Empu Lung Lungan, Empu Dewayani dan lain-lain.

Macam Keris Zaman Madya Pertengahan
Sebuah pembuatan keris yang bikin dibikin antara tahun 1251 m – 1459 m meliputi kerajaan, Jenggala, Kediri, Tuban, Madura dan Blambangan. Empu pada masa itu adalah, Empu Bromo Koolali, Empu Luwuk, Empu Sriloka, Empu Sutapasana, Empu Kuwung dan Empu kisa.

Macam Keris Zaman Tengah
Sebuah pembuatan keris yang dibikin antara tahun 1460 M – 1613 M meliputi kerajaan, Madiun, Demak, Pajang dan Mataram. Empunya adalah, Empu Tudung, Empu Joko Supo, Empu, Empu Lobang, Empu Looning, Empu Kithing, Empu Warih dan Empu Madrim.

Zaman Keris Zaman Muda
Sebuah pembuatan keris yang dibikin antara tahun 1614 M hingga para empu sakti telah tiada, meliputi kerajaan Kertasura dan Surakarta, empunya adalah Empu Mangun Malelo, Empu Tarung Wongso, Empu Hastronoyo, Empu Wiro Sukadgo, Empu Brojo Sentiko dan Empu Sendang Warih.
Keris Pusaka | Sejarah dan Macam Keris

Gambar Aneka Keris Pusaka | Sejarah dan Macam Keris

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: , , , , , ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Keris Pusaka | Sejarah dan Macam Keris

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site