Titik Pijat Refleksi

Budidaya Buah Naga dan Cara Menanam | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Budidaya Buah Naga dan Cara Menanam



Teknik Budidaya Buah Naga dan Cara Menanam – Semua orang mungkin sudah mendengar mengenai manfaat dan Khasiat dari buah naga ini.  Nah armylookfashion.com pada kesempatan kali ini akan memberikan informasi mengenai teknik dan cara menanam buah naga.

Budidaya Buah Naga dan Cara Menanam

Sebelum membahas mengenai Teknik Budidaya Buah Naga dan Cara Menanam Buah naga , armylookfashion.com sedikit membahas mengenai asal muasal dari Buah Naga.  Buah Naga sendiri dalam bahasa Inggris bernama pitaya, yang merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Asal Muasal Buah Naga ini dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Indonesia, Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Buah Naga ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Tanaman jenis Hylocereus ini sendiri hanya mekar pada malam hari.

Sekitar tahun 1870 tanaman yang memiliki khasiat dan manfaat yang tinggi ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias.  Kemudian oleh orang Vietnam dan Cina buahnya dianggap membawa berkah.  Maka dari itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Dari kebiasaan inilah, di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga).  Bahasa / istilah Thang loy orang Vietnam ini kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain ke dalam bahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).  Kemudian bagaimana Cara Budi daya Buah Naga ?

Teknik Budidaya Buah Naga dan Cara Menanam

budi daya buah naga untuk usaha produksi biasanya dilakukan dikebun, baca juga budidaya buah naga di pot. Untuk menghasilkan produksi yang maksimal dari buah naga tentu saja harus dengan persiapan yang matang, perawatan yang baik dan penanggulangan gangguan penyakit yang tepat.

Tahap Persiapan Budi daya Buah Naga

  • Pengolahan Tanah dalam menanam Buah Naga

Pengolahan tanah dalam budi daya buah naga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan agar tanaman buah naga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Perakaran buah naga memerlukan tanah yang gembur karena perakarannya merayap dipermukaan tanah, apabila tanah terlalu keras atau liat, akar tidak bisa tumbuh baik pada tanah.
Sebelum digemburkan sebaiknya tanah dibersihkan dari gulma dan rerumputan untuk menghindari penyakit. Setelah itu tanah digemburkan dengan mencangkul sedalam satu cangkulan dengan dibolak-balik. Setelah itu dibuat lubang-lubang tanam sesuai dengan cara tanamnya apakah menggunakan system panjatan tunggal atau sistem kelompok. Pada sistem panjatan tunggal pengolahan tanah hanya dilakukan disekitar lubang tanam saja, berbeda dengan sistem kelompok pengolahan tanah dilakukan pada seluruh alur barisan tempat penanaman.

Media tanam untuk panjatan tunggal menggunakan campuran tanah galian diberi pasir sekitar 5 kg, bubuk bata merah 5 kg, pupuk kandang kering 10 kg dan dolomit 300 g kemudian dicampur sampai merata. Pada model sistem tanam berkelompok untuk setiap alur sepanjang 4 m media tanamnya yaitu pasir 8 kg, pupuk kandang 20 kg dan bisa ditambahkan bubuk bata merah sebanyak 10 kg apabila tanah terlalu porous.  Jika tidak menggunakan bubuk bata merah , jumlah pupuk kandang ditambahkan 10 kg lagi jadi total 30 kg. Ditambah dolomit yang mengandung magnesium sebanyak 600g. Bahan-bahan tersebut dicampur merata pada tanah galian. Setelah penyiapan media tanam selesai kemudian disiram dan biarkan terkena matahari sampai kering. Pengeringan ini bertujuan agar tanah terbebas dari racun dan penguapan lain.

  • Sistem Pengairan pada Budi Daya Buah Naga

Masih dalam Cara Budidaya Buah Naga dan Cara Menanam Buah Naga, Untuk sistem pengairan pada lahan tempat tanam buah naga ini disesuaikan dengan kondisi lahan, sistem cara tanam buah naga, dan pengadaan sumber air yang ada disekitar lahan. Untuk itu dalam menanam buah naga bisa menggunakan cara pengairan tradisional yaitu dengan menggunakan sistem leb, sistem leb ini menggunakan parit sedalam 20 cm yang dibuat disekitar barisan tanaman buahnaga. Atau juga bisa menggunakan sistem pengairan pipa yang dibuat sedemikian rupa untuk mengalirkan air pada seluruh tanaman.

  • Penanaman Pada Lahan Tanam Buah naga

Penanaman bibit lahan tanam yang harus diperhatikan adalah kedalaman yang terlalu dalam malah akan menghambat pertumbuhannya. Kedalaman penanaman adalah 20% dari panjang bibit. Misal bibit yang mau ditanam berukuran panjang 50-80 cm maka kedalamannya sekitar 10-15 cm. Sebelum ditanam sebaiknya bibit setek diolesi Ridomil sebanyak 40 g yang dicampur dengan 1 liter air untuk mencegah kebusukan pada pangkal batang setek.

Tahap Pemeliharaan Budidaya Buah Naga dan Cara Menanam

  • Pengairan dalam menanam buah naga

Pada tahap awal pertumbuhan pengairan dilakukan 1 – 2 hari sekali. pemberian air berlebihan akan menyebabkan terjadinya pembusukan

  • Pemupukan  dalam menanam buah naga

Pernupukan tanaman diberikan pupuk kandang, dengan interval pemberian 3 bulan sekali, sebanyak 5 – 10 Kg.

  • Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)

Sementara belum ditemukan adanya serangan hama clan penyakit yang potensial. Pembersilhan lahan atau pengendalian gulma dilakukan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman

  • Pemangkasan

atang utama ( primer ) dipangkas, setelah tinggi mencapai tiang penyangga ( sekitar 2 m ), clan ditumbuhkan 2 cabang sekunder, kemudian dari masing-masing cabang sekunder dipangkas lagi clan ditumbuhkan 2cabang tersier yang berfungsi sebagai cabang produksi.

Tahapan Panen

Setelah tanaman umur 1,5 – 2 tahun, mulai berbunga dan berbuah. Pemanenan pada tanaman buah naga dilakukan pada buah yang memiliki ciri – ciri warna kulit merah mengkilap, jumbai / sisik berubah warna dari hijau menjadi kernerahan. Pemanenan dilakulkan dengan menggunakan gunting, buah dapat dipanen saat buah mencapai umur 50 hari terhitung sejak bunga mekar. Dalam 2 tahun pertama. setiap tiang penyangga mampu menghasilkan buah 8 s / d 10 buah naga dengan bobot sekitar antara 400 – 650 gram .

Musim panen terbesar buah naga terjadi pada bulan September hingga Maret. Umur produktif tanaman buah naga ini berkisar antara 15 – 20 tahun.  itu merupakan sedikit informasi mengenai Teknik Budidaya Buah Naga dan Cara Menanam semoga bermanfaat, baca juga teknik ternak ikan lele.

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: , , , ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Budidaya Buah Naga dan Cara Menanam

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site