Direktori ramuan tradisional Indonesia

Cara Menanam dan Budidaya Cabe menggunakan Pot | Gambar | Video | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Cara Menanam dan Budidaya Cabe menggunakan Pot



Cara Menanam dan Budidaya Cabe menggunakan Pot – Setelah kemarin armylookfashion.com membahas bagaimana budi daya buah naga merah, nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara bertanam cabe bagi anda semua.

Seperti kita ketahui Cabe merupakan salah satu tanaman yang memiliki prospek usaha dan bisnis yang sangat besar, karena pangsa pasarnya jelas dan banyak sekalian.  Hampir seluruh orang menyukai pedas, nah bahan utama untuk membuat rasa pedas itu adalah dari cabe.  Berikut ini sedikit Tips Cara Menanam dan Budidaya Cabe menggunakan Pot bagi anda yang sedang bertanam Cabe untuk bisnis / usaha atau pribadi.

Banyak anggapan bahwa untuk menanam cabe harus memiliki tempat lahan yang luas, tetapi ternyata untuk Bertanam cabe tidaklah harus memiliki lahan yang luas. Ada cara alternatif lain yang lebih efektif dan sama-sama menghasilkan yaitu dengan menggunakan pot, polybag, atau juga dapat menggunakan dari berbagai barang-barang bekas yang ada di sekitar seperti ; plastik ember , drum  kaleng cat, dan lain-lain

Asal mula Menanam Cabe dengan menggunakan Pot ini dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi keterbatasan lahan yang tersedia. Tetapi ternyata dalam perkembangannya, bercocok tanam / budidaya cabe dalam wadah seperti menggunakan pot ini ternyata memiliki nilai artistik tersendiri. Selain kita bisa menikmati hasilnya, ada hal lain yang bisa kita peroleh yaitu keindahan pohon, serta warna-warni buahnya juga bisa dinikmati.  Maka Tidaklah mengherankan jika saat ini semakin banyak orang yang bercocok tanam cabe di pot ini.

Cara Menanam dan Budidaya Cabe menggunakan Pot

Gambar dan Video Cara Menanam dan Budidaya Cabe menggunakan Pot

Keuntungan dari budidaya cabe dengan menggunakan wadah seperti pot ini adalah resiko kegagalan panen / tanam dapat diperkecil. Karena, faktor lingkungan yang menjadi syarat tumbuh dapat dengan mudah direkayasa sesuai dengan kebutuhan.  Berikut ini beberapa tips Cara Menanam dan Budidaya Cabe menggunakan Pot :

A. Syarat-syarat tumbuh tanaman Cabe

Hal penting bagi tanaman cabe Untuk dapat tumbuh dengan baik serta mendapatkan hasil maksimal yakni memerlukan kondisi lingkungan yang sesuai dengan karakteristik dari tanaman cabe itu sendiri. Ada Banyak faktor lingkungan yang menentukan pertumbuhan tanaman cabe apabila anda ingin bertanam cabe dan bercocok tanam cabe. Tetapi secara umum, ada empat faktor lingkungan utama yang sangat menentukan bagi tumbuhan cape , yaitu suhu, cahaya, tanah, dan air.

a. Pengaruh Suhu pertumbuhan tanaman Cabe

Suhu merupakan faktor penting dan utama dalam proses kehidupan tanaman terutama tanaman cabe. Hal ini karena semua proses biokimia tanaman cabe ini sangat dipengaruhi oleh suhu.  Agar tanaman cabe dapat tumbuh dengan baik, maka suhu ideal untuk pertumbuhannya tanaman cabeharus dipenuhi. Sebagai informasi bagi anda yang sedang bertanam cabe, tanaman cabe ini secara umum dikenal sebagai tanaman jenis sayuran yang dapat tumbuh dalam rentang suhu yang cukup luas, yaitu pada kisaran 15-32 derajat Celcius. Ada juga Berdasarkan hasil penelitian, bahwa suhu optimum tanaman cabe berkisar antara 24-30 derajat Celcius.  Bisa dibilang tanaman cabe sangat cocok di budidayakan dan dikembangkan di Indonesia.

b. Pengaturan Cahaya untuk Budidaya Cabe

Faktor Cahaya juga memiliki pengaruh tidak kalah pentingnya dengan suhu dalam menanam Cabe. Cahaya merupakan sumber energi bagi proses fotosintesis tanaman cabe. Tanaman cabe membutuhkan sinar cahaya yang cukup untuk mendapatkan pertumbuhan yang sehat serta dalam pembentukan buah yang maksimum dalam masa produksinya. Pada tanaman cabe pada umumnya, cahaya yang dibutuhkan dalam Cara Menanam dan Budidaya Cabe menggunakan Pot selama 12 jam/hari (berbeda sesuai varietas), sedangkan untuk tanaman cabe dalam wadah/pot, kebutuhan cahayanya dapat direkayasa sesuai kebutuhan, bisa juga dengan menambahkan naungan seperti paranet. Naungan ini sifatnya mengurangi intensitas matahari yang terlalu tinggi. Dengan begitu, cahaya yang dibutuhkan tanaman cabe akan tetap sesuai dengan kebutuhannya.

c. Faktor Tanah dalam Bertanam Cabe

Fungsi tanah bagi tanaman tidak hanya menyediakan unsur-unsur mineral, tetapi juga sebagai tempat berpegang dan bertumpunya tanaman agar dapat tumbuh tegak. Bertanam cabe dalam pot pada dasarnya sama dengan bertanam cabai di lahan pekarangan. Pilihlah tanah yang gembur, berasal dari lapisan atas tanah, dan mampu mengikat cukup air.

Media tanah yang baik adalah campuran tanah humus, sekam padi dan pupuk kandang fermentasi dengan komposisi 1:1:1. pH tanah ideal yang dibutuhkan tanaman cabe berkisar antara 4,5-7. Untuk pH tanah yang terlalu rendah (asam) dapat dinaikan dengan menambahkan kation basa seperti kalsium oksida (Cao) atau lebih populer dengan sebutan kapur dolomit. Sebaliknya, pH tanah terlalu tinggi (basa) dapat menambahkan unsur belerang (sulfur). Tanah yang digunakan sebagai media tanam sebaiknya remah atau poros. Dengan tanah yang poros perakaran akan mudah untuk melakukan proses respirasi (pernapasan).

d. Faktor Air dalam Budi Daya Cabe

Bagi tanaman cabe, faktor air tidak hanya berfungsi sebagai sistem pelarut sel tanaman, tetapi juga sebagai media pengangkutan unsur-unsur makanan di dalam tanah. Karena itu air, air sangat diperlukan dalam proses pertumbuha tanaman. Air yang digunakan sebaiknya bebas polutan dan berkadar garam rendah. ph air yang optimum pada tanaman cabe berkisar antara 5-7, dengan kelembababn udara 70-80%.  perlu diketahui dalam Cara Menanam dan Budidaya Cabe menggunakan Pot, tanaman cabe lebih menyukai kelembaban rendah daripada kelembaban yang tinggi.

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: , ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Cara Menanam dan Budidaya Cabe menggunakan Pot

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site