Titik Pijat Refleksi

Kurikullum 2013 Isi dan Standar Penilaian | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Kurikullum 2013 Isi dan Standar Penilaian



Kurikullum 2013 Isi dan Standar Penilaian – Rencana perubahan kurikullum oleh Pemerintah menuai Pro dan Kontra di kalangan masyarakat.  Bagi para pihak yang Pro menyatakan bahwa kurikullum di Indonesia butuh upgrade / penyegaran mata pelajaran agar sesuai dengan perkembangan zaman.  Sedangkan Bagi yang kontra menyatakan bahwa penyusunan Kurikullum 2013 ini masih belum sempurna dan tidak sesuai dengan kebutuhan para siswa.

Adapun Tujuan Perubahan kurikulum yang akan diberlakukan pada 2013 mendatang memiliki adalah untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan mendorong siswa untuk aktif. Kurikullum 2013 Isi dan Standar Penilaian, siswa bukan lagi menjadi obyek tapi justru menjadi subyek dengan ikut mengembangkan tema yang ada.

Dengan adanya perubahan Kurikulum 2013 ini, tentunya berbagai isi serta standar penilaian dalam komponen pendidikan akan berubah. Baik dari standar isi, standar proses maupun standar kompetensi lulusan. Lalu bagaimana dengan standar penilaian Kurikulum baru 2013 ini? Apa yang akan dinilai oleh para guru dengan sistem pengajaran yang berbeda ini?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa standar penilaian pada kurikulum 2013 baru tentu berbeda dengan kurikulum-kurikullum sebelumnya.  Mengingat tujuan dari Kurikulum baru ini untuk mendorong siswa aktif dalam tiap materi pembelajaran, maka salah satu komponen nilai siswa adalah jika si anak banyak bertanya.

Hal ini agar si Anak aktif bertanya dan terjadi komunikasi 2 arah antara guru dan siswa.  Hal ini yang dapat membuat siswa paham mengenai pelajaran yang diberikan daripada sekedar pemberian teori semata. Selain keaktifan bertanya dari para siswa,adapun komponen lain yang akan masuk dalam standar penilaian adalah proses dan hasil observasi siswa terhadap suatu masalah yang diajukan guru. Kemudian, kemampuan siswa menalar suatu masalah juga menjadi komponen penilaian sehingga anak terus diajak untuk berpikir logis.

“Kemampuan nalar ini juga yang penting. Di kurikulum baru, ini akan masuk standar penilaian untuk anak,” jelas Nuh. “Yang terakhir adalah kemampuan anak berkomunikasi melalui presentasi mengenai tema yang dibahas,” tandasnya. “Banyak catatan yang muncul dan itu ada landasannya jelas. Jadi yang menolak itu bukan asal kritik ngawur. Mereka punya alasan yang baik dan jelas. Jadi pemerintah belajar mendengarlah,” tandasnya.

Kurikullum 2013 Isi dan Standar Penilaian

Kurikullum 2013 Isi dan Standar Penilaian

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: , ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Kurikullum 2013 Isi dan Standar Penilaian

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site