Direktori ramuan tradisional Indonesia

Tunjangan PNS 2013 | Total Pendapatan Gaji Pegawai Negeri Sipil | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Tunjangan PNS 2013 | Total Pendapatan Gaji Pegawai Negeri Sipil



Tunjangan PNS 2013 | Total Pendapatan Gaji Pegawai Negeri Sipil - Kenaikan Gaji Pokok PNS tentu saja membuat angin sejuk bagi para PNS di seluruh Indonesia, walaupun memang sebetulnya tidak ada yang namanya kenaikan Gaji yang ada hanya penyesuaian pendapatan oleh inflasi dan kenaikan harga-harga lainnya.

Kenaikan harga listrik, bahan pokok dan Sebentar lagi BBM tentu saja tidak sebanding dengan Kenaikan Gaji Pokok PNS yang sesuai dengan PP Nomor 22 Tahun 2013 tentang Gaji Pokok Pegawai Negeri Sipil 2013.  Adapun Besaran Kenaikan Gaji PNS tahun 2013 ini bervariasi tergantung Golongan dan masa kerja dari masing-masing PNS, tetapi yang pasti kenaikan PNS diperkiran mulai 70.000 s.d 200.000 an saja. (lebih lengkap silahkan baca disini).  Sebetulnya Apa Saja Tunjangan PNS 2013 | Total Pendapatan Gaji Pegawai Negeri Sipil tersebut?


Orang banyak berpandangan bahwa banyak sekali tunjangan-tunjangan diluar gaji pokok yang didapat oleh para Pegawai Negeri Sipil, hal itu benar adanya tetapi satu yang perlu diingat adalah setiap kementerian, setiap daerah dan setiap jabatan pegawai berbeda-beda satu sama lain.  Jangan menyamakan bahwa semua PNS memiliki tunjangan yang besar, karena masih banyak PNS yang memiliki tunjangan pas-pasan saja.

Nah pada kesempatan kali ini armylookfashion.com akan sedikit meninformasi kan apa saja Tunjangan yang didapat oleh Pegawai Negeri Sipil tersebut.  Pegawai Negeri Sipil sendiri dapat dibagi dua kategori yaitu Pegawai dengan status struktural dan fungsional.  Untuk pegawai Struktural ini biasanya pegawai biasa khususnya kebanyakan administrasi, sedangkan pegawai fungsional ini pegawai seperti Guru, Dosen, dan Pranata Lab. Pendidikan, Arsiparis dan lainnya.

Perbedaan PNS Struktural dan PNS Fungsional adalah sebagai berikut :

Pegawai Negeri Sipil Struktural setiap 4 tahun sekali secara reguler dipastikan akan naik pangkat, sedangkan PNS Fungsional bisa lebih cepat karena tergantung dari kemampuan mereka mengumpulkan angka kredit.  Semakin malas mengumpulkan angka kredit makan pns fungsional pun akan semakin lama naik pangkat / golongan.

PNS Struktural mendapatkan tunjangan struktural yang berkisar mulai 120.000 s.d 200.000 bulan, sedangkan PNS fungsional mendapatkan tunjangan fungsional sesuai jabatannya mulai dari 250.000 bahkan sampai jutaan.

Nah kemudian yang membedakan Pendapatan para PNS adalah pemberian tunjangan Remunerasi atau Kinerja.  Kementerian Pusat belum seluruhnya mendapatkan Tunjangan Remunerasi ini.  Sedangkan di daerah ada namanya tunjangan kinerja daerah, dan tidak semua daerah mendapatkan jumlah tunjangan kinerja yang sama.  Besaran tunjangan kinerja ini bervariasi mulai dari 500.000 dan bahkan ada yang jutaaan. Kemudian ada juga tunjangan keluarga khususnya anak dan istri yang totalnya 10% dari Gaji.

Apabila bisa dijabarkan berikut ini Beberapa Tunjangan Pegawai Negeri Sipil untuk total pendapatannya :

  • Gaji Pokok
  • Tunjangan Struktural (untuk PNS Struktural) atau Tunjangan Fungsional (untuk PNS fungsional)
  • Tunjangan Anak dan Istri (10% dari Gaji)
  • Tunjangan Lauk Pauk (khusus kementerian Pusat, TNI/POLRI)
  • Tunjangan Khusus : Tunjangan Kinerja

Tetapi tentu saja kesemua tunjangan tersebut tidak berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil.  Kami kasih contoh :

Staf administrasi Golongan II C yang bekerja di kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak akan sama gajinya dengan Staf administrasi di Badan Pemeriksa Keuangan dengan golongan yang sama.  Staf Administrasi Golongan II C di kementerian pendidikan hanya akan mendapatkan Gaji Pokok (1,9 jutaan), Tunjangan Struktural (180rb/bulan), tunjangan anak dan istri (190rb-an).  Serta tunjangan lauk pauk yang sehari diberikan RP. 25.000 yang akan kita hitung saja Rp. 500.000 / bulan (karena 20 hari kerja). dan total pendapatan Gaji PNS Struktural Golongan IIC dengan jabatan staf administrasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kurang lebih Rp. 2,7 jutaan.

Sedangkan pegawai di BPK mendapatkan tunjangan kinerja yang kurang lebih Rp. 3 jutaan / bulan.  Jadi total Pendapatan PNS di Badan Pemeriksa Keuangan sekitar RP. 5,7 jutaan.

Tentu saja perbedaan Gaji antar PNS di kementerian maupun PNS daerah dapat membuat gap dari masing-masing kementerian.  Kementerian yang belum mendapatkan remunerasi akan merasa tidak diperhatikan.  Jadi bagi kita yang hanya melihat PNS dari luar, lebih bijak lagi.  Bahwa tidak semua Pegawai Negeri Sipil mendapatkan Penghasilan yang sama dan bahkan ada yang lebih menyedihkan.

Untuk pemerintah sebijaknya tidak membuat Gap antara PNS daerah, PNS Kementerian dengan PNS yang sudah mendapatkan tunjangan kinerja.

Tunjangan PNS 2013 | Total Pendapatan Gaji Pegawai Negeri Sipil

Tunjangan PNS 2013 | Total Pendapatan Gaji Pegawai Negeri Sipil

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: , ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Tunjangan PNS 2013 | Total Pendapatan Gaji Pegawai Negeri Sipil

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site