Titik Pijat Refleksi

Pengertian Budaya Organisasi menurut Para Ahli | Berita Informasi Terbaru Update & Lengkap 2014

Welcome to our website, take it slow and see whats going on today:)



Pengertian Budaya Organisasi menurut Para Ahli



Pengertian Budaya Organisasi menurut Para Ahli – Konsep budaya cukup baru dalam terminologi teori organisasi, meskipun idenya telah muncul bersamaan dengan munculnya masyarakat itu sendiri. Dari beberapa sumber diperoleh beberapa pengertian yang kurang lebih memberikan pemahaman yang sama bahwa budaya merupakan cara hidup sekumpulan orang, yang tercakup di dalamnya pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, adat dan kecakapan serta kebiasaan lainnya yang dimiliki seseorang sebagai anggota suatu kelompok masyarakat.

Budaya merupakan bagian dari kehidupan organisasi yang dapat mempengaruhi perilaku, sikap dan keefektivan pegawai. Ada banyak sekali Pengertian Budaya Organisasi menurut Para Ahli, diantaranya Merujuk kepada pendapat Gibson (1997 : 30) pengertian budaya organisasi adalah: “What the employees perceive and how his perception creates a pattern of beliefs, values, and expectations”. Secara bebas dapat diterjemakhan sebagai berikut: budaya organisasi merupakan sesuatu yang dirasakan pegawai dan bagaimana persepsi mereka membentuk pola kepercayaan, nilai-nilai dan berbagai harapan). Gibson (1997:30)  kemudian melanjutkan dengan mengatakan bahwa budaya dapat berupa:

  1. Symbols, language, ideologies, and myths.
  2. Organizational scripts derived from the personal scripts of the organization’s founder (s) or dominant leader (s).
  3. A product; historical; based on symbols; and an abstraction from behavior and the product off behavior.
  4. (1.Simbol-simbol, bahasa, idelogi dan mitos; 2. Naskah organisasi yang diturunkan dari pendiri dan pemimpin organisasi. 3. Produk, sejarah yang didasarkan kepada simbol, dan abstraksi dari perilaku)

Menurut Luthan (1995 : 497) dan Hellriegel (1998 : 546),  bahwa pengertian budaya organisasi mempunyai sejumlah karakteristik penting, yaitu:

  • Routine behaviors when people interact;
  • The norms that are shared by work groups throughout the organization;
  • The dominant values held by an oganization;
  • The philosophy that guides an organization’s policies toward its employees and customers;
  • The rules of the game for getting along in the organization that a newcomer must learn in order to become an accepted member, and
  • The feeling or climate conveyed in an organization by physical layout and the way in which members of the organization interact with other outsiders.

Dari kesimpulan pengertian budaya organisasi diantas dapat disimpulkan bahwa : 1) pada saat anggota didalam organisasi  berinteraksi satu sama lain, mereka memakai  bahasa, terminologi serta sikap yang biasa digunakan; 2) didalam budaya organisasi terdapat standar perilaku, misal aturan yang memandu anggotanya untuk melakukan apa dan berapa banyak tugas yang harus dikerjakan; 3) nilai-nilai yang menonjol seperti misalnya nilai yang mengutamakan kualitas kerja, pencapaian efisiensi tinggi dan tingkat kehadiran yang rendah, yang dianggap sebagai budaya, disepakati dan dipegang teguh oleh para anggota organisasi; 4) budaya organisasi memiliki falsafah yang menuntun kebijakan-kebijakan organisasi dalam upaya memperlakukan anggotanya  dan pihak luar; 5) budaya organisasi memiliki aturan-aturan yang ‘mengikat’ setiap anggota baru, agar mereka diterima sebagai anggota; 6) iklim organisasi seperti misalnya tata letak perlengkapan, cara para anggota berinteraksi dan cara mereka memperlakukan sesama satu sama lain dan pihak luar, hal tersebut merupakan ciri-ciri dari suatu budaya organisasi.

Pengertian Budaya Organisasi menurut Para Ahli

Comments

Powered by Facebook Comments

Tags: ,

Suka dengan artikel ini?..klik tombol like dan bagikan dengan teman anda

INDEX BERITA ARMYLOOKFASHION.COM

Pengertian Budaya Organisasi menurut Para Ahli

Comments are closed.


/** Jasa Pembuatan Web Banner, Header, Flash dan Logo */

Switch to our mobile site