Komodo Real Wonder

Komodo Real Wonder

Komodo Real Wonder

Komodo Real Wonder – Beberapa hari lalu #KomodoRealWonder menjadi trending topic di twitter, hal ini untuk mendukung voting Pulau Komodo untuk masuk ke 7 keajaiban dunia.  Kehadiran Taman Nasional Komodo yang menjadi salah satu nominator kompetisi voting populer “New 7 Wonder” saat ini cukup mengundang daya tarik.

Komodo Real Wonder sendiri merupakan tujuan dari voting New 7 Wonder.  Taman Nasional Komodo terletak antara Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur ini mencakup tiga pulau besar yaitu  Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil dengan wilayah darat seluas 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km². Secara administratif kawasan ini terletak di dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional yang ditetapkan sebagai kawasan pelestarian hutan oleh menteri Kehutanan dengan luas 132.572 Ha ini pada awalnya dibentuk dengan tujuan melestarikan spesies komodo atau kadal raksasa  yang unik dan langka.

Komodo Monster

Komodo yang dikenal dengan nama ilmiah Varanus komodoensis adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.  Ditemukan pada tahun 1910, Komodo Oleh penduduk setempat kerap disebut Ora. Komodo Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di Komodo Pictures Gallery Imagesdunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Habitat komodo di alam bebas telah menyusut dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan.  Maka dari itu dukungan menjadi Komodo Real Wonder, diharapkan menjadi perhatian pemerintah untuk benar-benar melindungi Taman Nasional dan binatang ini dari kepunahan.

Komodo Island

———————————————————————————————————————–

 

Comodo Real Wonder

 

Komodo Real Wonder – The Komodo dragon (Varanus komodoensis) is a venomous species of lizard that inhabits the islands of Komodo, Rinca, Flores, and Gili Motang in Indonesia.  A member of the monitor lizard family (Varanidae), it is the largest living species of lizard, growing to an average length of 2 to 3 metres (6.6 to 9.8 ft) and weighing around 70 kilograms (150 lb). Their unusual size is attributed to island gigantism, since there are no other carnivorous animals to fill the niche on the islands where they live, and also to the Komodo dragon’s low metabolic rate. As a result of their size, these lizards dominate the ecosystems in which they live. Although Komodo dragons eat mostly carrion, they will also hunt and ambush prey including invertebrates, birds, and mammals.

Page 1 of 2 | Next page

Comments

Powered by Facebook Comments